Do’a Nabi Ketika Mengobati Orang Yang Sedang Sakit

عَنْ عَائِشَةَ. قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا اشْتَكَى مِنَّا إِنْسَانٌ، مَسَحَهُ بِيَمِيْنِهِ. ثُمَّ قَالَ: أَذْهِبِ الْبَأْسَ. رَبَّ النَّاسِ. وَاشْفِ أَنْتَ الشَّافِي. لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ. شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا
فَلَمَّا مَرِضَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَثَقُلَ، أَخَذْتُ بِيَدِهِ ِلأَصْنَعُ بِهِ نَحْوَ مَا كَانَ يَصْنَعُ. فَاِنْتَزَعَ يَدَهُ مِنْ يَدَيَّ. ثُمَّ قَالَ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَاجْعَلْنِي مَعَ الرَّفِيْقِ اْلأَعْلَى
قَالَتْ: فَذَهَبْتُ أَنْظُرُ، فَإِذَا هُوَ قَدْ قَضَى

Hadits riwayat Aisyah Radhiyallahu’anha, ia berkata:
Biasanya apabila ada seorang di antara kami menderita sakit, Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam mengusapnya dengan tangan kanan beliau, kemudian beliau berdoa: Hilangkanlah penyakitnya, wahai Tuhan manusia! Berilah kesembuhan karena Engkaulah Penyembuh (segala penyakit). Tiada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit. Ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam menderita sakit dan semakin parah, aku pegang tangan beliau untuk melakukan seperti yang biasa beliau lakukan. Namun beliau menarik tangan beliau dari tanganku kemudian berdoa: “Ya Allah! Ampunilah aku dan jadikanlah aku bersama Rafiq A`la (Tuhan).” Aku bergegas untuk melihat, ternyata beliau telah wafat

Agar lebih jelas , do’anya ana tulis ulang

أَذْهِبِ الْبَأْسَ. رَبَّ النَّاسِ. وَاشْفِ أَنْتَ الشَّافِي. لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ. شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Adz hibil ba’tsa robbannaasi  Wasyfi Antasysyaafiiy  Laa syifaa a illaa syifaa uka  Syifaa an laa yughoodiru saqoman

Hilangkanlah penyakitnya, wahai Tuhan manusia! Berilah kesembuhan karena Engkaulah Penyembuh (segala penyakit). Tiada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit

75 Tanggapan

  1. Mohon di kasih karokat biar orang awam bisa baca

  2. Sebenarnya harokatnya sudah ada tapi mungkin kurang jelas.😀
    Maaf , sebenarnya kami sudah mengusahakan agar harokatnya bisa lebih jelas. Tapi hasilnya masih kurang memuaskan.
    Sekali lagi maaf dan terimakasih atas kunjungannya
    Salam ukhuwah

  3. Mas, maaf mau nanya. Do’a yang dibaca yang tercetak dengan warna biru bukan?

  4. Iya betul sekali.

  5. Ass. wr. wb
    Tolong tulisan latinnya dong tadz
    Wass. wr. wb.

  6. Adz hibil ba’tsa robbannaasi. Wasyfi Antasysyaafiiy. Laa syifaa a illaa syifaa uka. Syifaa an laa yughoodiru saqoman

    maaf kalau latinnya kurang sempurna, soalnya baru belaja ngelatinin😀

  7. tulis perawinya juga dong…biar klo ditanya ttg hadist ini kita bisa jawab…syukron

  8. Ini perawinya mas:
    حدثنا زهير بن حرب وإسحاق بن إبراهيم (قال إسحاق: أخبرنا. وقال زهير – واللفظ له -: حدثنا) جرير عن الأعمش، عن أبي الضحى، عن مسروق، عن عائشة

  9. haturnuhun ‘katampi pisan smoga jadi amal baik Ustadz Amiin…

  10. Amien Ya Allah Ya Robbal’alamien

  11. ustadz,tulisan yg latin ada?

  12. Ini tulisan latinnya (do’anya saja yaa):
    Adz hibil ba’tsa robbannaasi. Wasyfi Antasysyaafiiy. Laa syifaa a illaa syifaa uka. Syifaa an laa yughoodiru saqoman

  13. ini sangat membantu thanks ya yang punya blog

  14. Semoga bermanfaat buat semuanya

    Salam ukhuwah

  15. Trims ya? Sìtusx sangat bermamfaat. Wasslm!

  16. supaya lebih jelas untuk dibaca, kalau menulis arab fon temanya pakai Traditional arobik tulisan yang umum dalam kitab-kitab

  17. Terimakasih atas sarannya.
    Sebenarnya saya sudah pakai font traditional arabic, tapi….???
    Mungkin ada saran yang lain…?😀

  18. semoga amal ibadah sampean nie d terima ALLAH SWT,krna era globalisasi nie bxk yg menggunakan internet dr sisi negatifx,
    .

  19. saya akan baca ustads,,
    demi kesmbuan ibu saya,,,
    mohon dukungan d’axa,,,amin

  20. Lebih baik lagi kalau ditambah dengan membaca surat/ayat-ayat untuk kesembuhan seperti S. Alfatihah, S.Al-Ikhlash, S.Falaq, S Annas, Ayat kursi, S.yasin dsb.
    Mudah-mudahan Allah menyembuhkan penyakit ibu Anda.
    Amien. Ya Robbal’alamin

  21. pak ustad yang diatas itu surat apa yah? maksih sebelumnya.

  22. BUkan surat tapi dari hadits shahih muslim

  23. minta ijin kopi.jazakalloh

  24. maaf pak ustad mau nanya apa sih yang dimaksud DOA NURBUAT /NURUBUAT itu

  25. maaf keterangan shahih tentang do’a ini, saya tidak mengetahuinya..
    Tapi kalau dilihat dari arti kalimat-kalimatnya, do’a ini sangat bagus.
    Wallohu a’lam

  26. Makasih atas Do’anya. Aku mau nanya nih. Kenapa disetiap berdo’a setahu saya para Ulama, Kyai selalu menyertakan Surah Al- Fatiha, Al-Iklhash, Al-Falaq, An-Nas? Apa sebenarnya yang dikandung ayat ini? Ayatnya Pendek tapi para orang yang paham selalu membacanya?

  27. Coba di cari di kitab-kitab tafsir

  28. assalamualaikum…. pk uzdtad…aq minta bantuan do’a untuk adik saya yg sdang sakit …kemariiin udh operasi tp lukanya blum kering mlah tambh mmbusuuk………..

  29. Wa’alaikumussalam wr. wb.

    Akan lebih baik kalau nama adiknya disebutkan, misalnya fulan bin fulan.. Agar kita semua lebih mudah dan lebih fokus ketika mendo’akannya.
    Semoga adik antum segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT. Amien.

    Wassalam

  30. ustad anak saya nama muhammad izzra andian umur 11 tahun selain doa tadi llu ditambahkan bacaan apa lagi ustad mohon petunjuk. tks

  31. maaf ustad nama anak saya Muhammad Izzra Andrian

  32. assalamualaikum ustad info saya tadi kurang jelas nama Anak Muhammad Izzra Andrian Usia 11 tahun Menderita penyakit Autis dan Hiperakatif, selain doa tadi lalu agar lebih mantap maka ditambah bacaan apalagi ustad, mohon petunjuk ustad. tks wassalam

  33. Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
    Mudah-mudahan ananda Muhammad Izzra Andrian diberi kesembuhan oleh Allah SWT.

    Maaf sebenarnya saya bukan ahli pengobatan, tetapi saya pernah membaca buku tentang pengobatan dengan Alqur’an.
    Sebenarnya seluruh bacaan Alqur’an bisa digunakan untuk penyembuhan.
    Bacaan-bacaan yang sering digunakan untuk penyembuhan antara lain :
    1. Surat Al-fatihah 7 x
    2. Surat Al-Ikhlas 11x
    3. Surat Al-Falaq + An-Nas
    4. Ayat kursi dll
    Sering-seringlah Surat-surat tersebut dibacakan didekat anak yang sakit sehingga bisa kedengaran olehnya. Kalau bisa secara kontinyu misalnya menjelang tidur.
    Mudah-mudahan ananda Muhammad Izzra Andrian cepat sembuh

    ini ada buku tentang pengobatan dengan Alqur’an , silakan di Download dan dibaca mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan kita.

  34. asalam mualaykum..saya mau brtanya karna saya nggak bisa baca Al’Quran bolehkah say baca huruf latinnya saja dan apakah itu sah..?

  35. Ustd tolong Doan dong bunda saya sdg sakit semoga cepat sembuh tolong doain ya nama bunda qu ibu.Hj.haryati Dedi spj

  36. Mari kita berdo’a bersama-sama semoga ibu Hj. Haryati Dedi spj mendapatkan kesembuhan dari Allah SWT…

  37. Trimakasih atas ilmunya maaf mau tnya kalau u anak autis cukup di baca doa itu aja y

  38. autis mungkin tidak dikategorikan sebagai satu jenis penyakit tetapi boleh dan bisa saja menggunakan do’a ini untuk memohon kesembuhan kepada Allah SWT karena pada intinya kita memohon kepada Allah Dzat Penyembuh untuk mengobati autis tersebut. Masalah kecukupannya Wallohu’alam karena hanya DIA-lah yang Maha Tahu…
    Mungkin ada baiknya sering-sering memperdengarkan bacaan Alqur’an kepada anak yang autis karena (menurut beberapa penelitian) bacaan Alqur’an mempunyai pengaruh yang sangat besar pada system syaraf otak.

    ( Sebenarnya bukan hanya anak autis saja sihhh, mungkin kita yang banyak dosa ini yang harusnya lebih sering mendengarkan Alquran dan terutama membacanya )😀

    Wassalam

  39. السلام علبكم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ ustat saya seorang ibu yg lg kebingungan mencari kesembuhan u ank sy yg di diaknosa autis heperaktif. Yg hidup di duniaa sendiri secara medis dan trafi sudah di lakukan dari umur 18 blln smpai skrng 8 thn tp blm ada hasil yg mengembirakan emosi tantrum konstraSi bicara sendiri menangis tertawa mewarnai hari2 ank ku skrng sy mohon saran dari ustat u kesembuhan ank ku doa yg terbaik dari alquran u kesembuhan ank autis

  40. Dan bagaimana adab mendoaka ank kt apa kt sebut nama ank kt kemudian baca alfatiha aliklas dll supaya di sembuhkan sakitnya seperti autis mohon bantuannya ustat

  41. وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
    Mudah-mudahan Allah memudahkan usaha ibu dan segera memberikan kesembuhan kepada anak ibu. Terus terang saya bukan orang yang kompeten untuk terapi dan penyembuhan dengan Alqur’an. Apalagi untuk terapi autis.
    Hanyasaja saya senang sekali mendengarkan bacaan Alqur’an dan saya biasa menyetel mp3 murottal Alquran sebelum tidur malam sampai pagi (ehh tepatnya sampai mp3 mati sendiri karena kehabisan batere. … 🙂 )

    Dari keterangan beberapa hadits Nabi pernah mengobati orang sakit atau sakit beliau sendiri dengan membaca surat Alfalaq dan Annas kemudian ditiupkan ketelapak tangan dan diusapkan pada anggota badan yang sakit.
    Cara mengobati penyakit bisa juga dengan cara membaca Alquran kemudian ditiupkan pelan-pelan pada air dan diminumkan pada orang yang sakit. Jangan lupa mohon kepada Allah untuk menyembuhkan penyakitnya dengan perantaraan bacaan Alqur’an tadi.

    Semoga bermanfaat dan Mohon maaf atas segala kekurangan.

    والسلام عليكم

  42. السلام علبكم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ ustat terimakasih atas pencerahannya ank sy namanya M rafi ramadhan usia 8 thn menderita autis hiperaktif sudah berobat kemana2 baik medis mau non medis komunikasi blm baik msh dengan dunia sendiri skrng sy mau trafi doa aja u kesembuhan putra kami mohon doanya ustat u kesembuhan ank ku

  43. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Ustadz mhon solusinya, ibu saya sakit mnderita batuk berdarah, stelah sehat dari pnyakit itu, malah kmudian hari penyakit itu kembuh lagi.. Ustadz aku haxa ingin bantuan darimu utk penyembuhan Ibu saya yg brnama ‘Rabia Hasan’. mohon bantuannya.. sblumnya saya brterimah kasih.. wasslam..

  44. Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
    Semoga ibu anda termasuk hamba Allah yang dicintai-Nya karena Allah akan memberikan cobaan kepada hamba yang dicintai-Nya. Teruslah berusaha dan berdo’a. Berusaha dengan berobat kedokter misalnya dan bisa dibarengi dengan membacakan ayat-ayat suci alquran dan do’a-do’a penyembuhan. Bisa juga dengan membacakan ayat-ayat suci alqur’an dan ditiupkan pada segelas air kemudian diminumkan kepada ibu anda. Setelah itu bersabar dan bertawakkal-lah kepada Allah serahkan semuanya kepada Allah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Hanya Allah yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit.
    Semoga ibu Rabia Hasan segera mendapatkan kesembuhan bibarokati alfatihah.

  45. Ahlla kami panjakat dan puji sukur

  46. Assalamualaikum Ustad,,, Ijin copy paste ya.. Trimakasih.

  47. Makasih ya ustazd ini sangat membantu
    Tolong doa kan anak km yg selesai menjalani opersi jantung dan skrng msh d ruang icu maksih atas doa ustazd

  48. assalamualaikum,wr,wb.,, untk smua jamaah mhon do’a.a smoga ayah n bunda slalu shat walafiat,,,aamiin

  49. Assalaamu ‘Alaykum Warochmatulloohi Wabarokaatuh. | Salaam Ta’aruf, Tadz. | ijin Share, kebetulan saya baru sakit ! | Mohon Do’anya pula Tadz. | Soalnya Nanti Ba’da Maghrib mimpin belajar Tafsir Al_Qur-aan. Dan ba’da ‘Isyak ngaji di rmh tmn anaa. | Smga anaa sgra dksih sembuh 2_J_J 1 { ALLOH } SubchaanaHu Wa Ta’aalaa. | Aamiin_3x, Yaa_Robbal ‘Aalamiin. | Baarokalloohufiykum,

  50. Amien. emoga cepat diberi kesembuhan oleh Allah SWT.

  51. apakah semua itu benar

  52. mhon di ijazahkan ustadz

  53. adz hibil ba’tsa robbannaasi wasyti Antasysyaafiiy laa syifaa a illaa syifaa uka syifaa an laa yughoodiru saqoman.jikalau siapa yang sakit kita suruh dia baca surah ini…..SEMOGA CEPAT SEMBUH….

  54. Asalamualaikun ustaz,,saya mau tanya bagai mna cara’nya mendo’akan orang yg sedang sakit dari jarak jauh,,??
    Mohon di jawab do’a ini saya kirimkan untuk kesembuhan mamah saya tercinta
    ..trimakasih..

  55. Assalamualaikm..ustadz..do’a untuk menyembuhkan di atas bagaimana cara mengamalkanya..di tiupkan ke air lalu di minumkan apa gimana?.

  56. Hadits riwayat Aisyah Radhiyallahu’anha, ia berkata:
    Biasanya apabila ada seorang di antara kami menderita sakit, Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam mengusapnya dengan tangan kanan beliau, kemudian beliau berdoa..

    Bagian yang sakit diusap sambil membaca doa

    Walloohu a’lam

  57. As.wr.wb
    Sy minta doa utk kesembuhan istri sy.dari al-quran bhs arah beserta artinya

  58. tlng do’a nya dr kitab suci alqur’an

  59. doa sunan kalijogo

  60. Pda waktu bca doa tersbut posisi tangan kita yg baik sesuai sunah Rasul bagaimana ustadz.sukron

  61. Maaf sekali .. ana belum mengetahui tentang hal tersebut.

  62. Assllmmuallkum…Fastabiqulkhairot…inSyaALLAH.semuanya kembalikan kpd ALLAH SWT..anna coba kasih doa.yg diwariskan ROSULULLAH SAW..”Ambi air putih 1 gelas.bacakan .,.
    “”Bismillah3x..lalu antum dng membaca ..Allahhumma Robbanasid Habbill basasifa antta syifa la syafii.illa annta syifaa yuhk ghodiru saqomman..”””Lalu antum minum air.nya 1/2 gelas & sisah air.nya basuhkan kebagian yg sakit..ketika antum membaca doa td sebelumnya merenung dahulu ingat kpd ALLAH akan dosa2 antum kpd ALLAH,,istiqfar 33x,..jazakumullah semoga kita semua yg mndptkan musibah sakiit.ALLAH..Angkat penyakitnya & semmbuhkan kita semua..amin2x allahhumma ya kariim..Wassllkum..ANA..FAdhli…bb,,51b2a339 salam knl antum2 muslimin wal muslimat..

  63. SEmoga bermanfaat,,,

  64. maaf Ustad mau nanya sepupu saya kena asma apkah doa tsebut bisa ditiupke air

  65. Terima Kasih.. sangat bermanfaat.. dan saya ingin mohon pada saudara dan saudari yg ada disini untuk membantu mendo’akan Ibu saya yg sedang skit..🙂 nama ibu saya Jaemah.. saya mohon sekali semoga sakitnya lekas di angkat oleh Allah Tuhan Kita Semua..Aamiin

  66. mf saya edi erianto..smua ayat suci alquaran bisa di gunakan untuk pengobatan,,,
    jika kluarga,teman,saudara,dll skit…
    kita juga bsa niat kan,,
    contoh,,”Ya Allah jika penyakit ini datangnya dari engkau ku rela kan dan ikhlas,dan jika penyakit ini datang a dri umat nabi muhammad sadr kanlah dy,,
    jika udh di baca niat a..lanjutkan dng membaca
    al-fatiha
    al_iklas
    dan di zikirkan,
    semoga bermanfaat

  67. ass….
    uztadz,, papa saya ”LATALIB” sakit’nya di tangan kiri.dan tangan papa saya mati rasa dan tidak bisa berfungsih lagi ,saya sudah usaha ke dokter tapi tdak ada hasil’nya ..
    mohon bantulah doa untuk papa saya supaya cepat sembuh dari penyakit’nya …..amin

  68. assalam. bagai mana cara guna nya

  69. untuk penanganan Autis Insya Alloh kami bisa bantu .silahkan hbg 081343891367

  70. Insyaalloh uztad di amalkan

  71. Ass, wr. Wb pak ustad nenek saya lagi sakit namanya arasuna mohon do`anya ya ustad biar nenek saya cepat sembuh. Aminnn…

  72. terima kasih atas sarannya, semoga ilmu yg diajarkan penulis bisa bermanfaat dan mendapat ridha dari ALLAH SWT.. Amiiin🙂

  73. Pak.ustad bapak saya sakit sudah 1 tahun lama nya mohon doa nya pak ustad -_-

  74. assalamualaikum pa ustad. mohon doanya buat bapa saya ijang agus mulyana sedang di rawat d rsu karena tensi nya tidak stabil. mohon doa nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: