Orang yang tidak memiliki sesuatu untuk diwasiatkan Sebaiknya tidak berwasiat

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيْمِيُّ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ عَنْ مَالِكِ بْنِ مِغْوَلٍ عَنْ طَلْحَةَ بْنِ مُصَرِّفٍ قَالَ:

سَأَلْتُ عَبْدَ اللهِ بْنَ أَبِي أَوْفَى هَلْ أَوْصَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ لاَ قُلْتُ فَلِمَ كُتِبَ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ الْوَصِيَّةُ أَوْ فَلِمَ أُمِرُوْا بِالْوَصِيَّةِ قَالَ أَوْصَى بِكِتَابِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

16 – (1634)

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya At Tamimi telah mengabarkan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi dari Malik bin Mi’wal dari Thalhah bin Musharif dia berkata:

Saya pernah bertanya kepada Abdullah bin Abu Aufa, Apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berwasiat? dia menjawab, Tidak. Saya bertanya lagi, Kenapa kaum Muslimin diperintahkan untuk berwasiat? dia menjawab, Beliau hanya mewasiatkan dengan Kitabullah Azza Wa Jalla.

(Shahih Muslim : 1634-16)

وَحَدَّثَنَاه أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ ح و حَدَّثَنَا اِبْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي كِلاَهُمَا عَنْ مَالِكِ بْنِ مِغْوَلٍ بِهَذَا اْلإِسْنَادِ مِثْلَهُ غَيْرَ أَنَّ فِي حَدِيْثِ وَكِيْعٍ قُلْتُ فَكَيْفَ أُمِرَ النَّاسُ بِالْوَصِيَّةِ وَفِي حَدِيْثِ ابْنِ نُمَيْرٍ قُلْتُ كَيْفَ كُتِبَ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ الْوَصِيَّةُ

17 – (1634)

Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Waki’. (dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami Ayahku keduanya dari Malik bin Mighwal dengan sanad-sanad ini, seperti hadits tersebut. Hanya saja dalam hadits Waki’ disebutkan, Saya bertanya, Kenapa manusia diperintahkan untuk berwasiat?, dan dalam hadits Ibnu Numair disebutkan, Saya bertanya: Kenapa kaum Muslimin di wajibkan untuk berwasiat?

(Shahih Muslim : 1634-17)

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ نُمَيْرٍ وَأَبُوْ مُعَاوِيَةَ عَنِ اْلأَعْمَشِ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي وَأَبُوْ مُعَاوِيَةَ قَالاَ حَدَّثَنَا اْلأَعْمَشُ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ مَسْرُوْقٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ:

مَا تَرَكَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دِيْنَارًا وَلاَ دِرْهَمًا وَلاَ شَاةً وَلاَ بَعِيْرًا وَلاَ أَوْصَى بِشَيْءٍ

18 – (1635)

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Numair dan Abu Mu’awiyah dari Al A’masy. (dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdullah bin Numair telah menceritakan kepada kami Ayahku dan Abu Mu’awiyah keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami Al A’masy dari Abu Wail dari Masruq dari ‘Aisyah Radhiyallahu’anha, dia berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak meninggalkan dinar, dirham, seekor kambing atau unta, dan tidak mewasiatkan sesuatu sama sekali.

(Shahih Muslim : 1635 – 18)

وَحَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَعُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَإِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ كُلُّهُمْ عَنْ جَرِيْرٍ ح وَ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ أَخْبَرَنَا عِيْسَى وَهُوَ اِبْنُ يُوْنُسَ جَمِيْعًا عَنِ اْلأَعْمَشِ بِهَذَا اْلإِسْنَادِ مِثْلَهُ

(1635)

Dan telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb dan Utsman bin Abu Syaibah dan Ishaq bin Ibrahim semuanya dari Jarir. (dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Ali bin Khasyram telah mengabarkan kepada kami Isa – yaitu Ibnu Yunus- semuanya dari Al A’masy dengan sanad-sanad ini, seperti hadits tersebut.

(Shahih Muslim : 1635 )

وَحَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَأَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَاللَّفْظُ لِيَحْيَى قَالَ أَخْبَرَنَا إِسْمَعِيْلُ ابْنُ عُلَيَّةَ عَنِ ابْنِ عَوْنٍ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنِ اْلأَسْوَدِ بْنِ يَزِيْدَ قَالَ:

ذَكَرُوْا عِنْدَ عَائِشَةَ أَنَّ عَلِيًّا كَانَ وَصِيًّا فَقَالَتْ مَتَى أَوْصَى إِلَيْهِ فَقَدْ كُنْتُ مُسْنِدَتَهُ إِلَى صَدْرِي أَوْ قَالَتْ حَجْرِي فَدَعَا بِالطَّسْتِ فَلَقَدْ اِنْخَنَثَ فِي حَجْرِي وَمَا شَعَرْتُ أَنَّهُ مَاتَ فَمَتَى أَوْصَى إِلَيْهِ

19 – (1636)

Dan telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dan Abu Bakar bin Abu Syaibah dan ini adalah lafadz Yahya, dia berkata; telah mengabarkan kepada kami Isma’il bin ‘Ulayah dari Ibnu ‘Aun dari Ibrahim dari Al Aswad bin Yazid dia berkata:

Orang-orang sama berbicara di samping ‘Aisyah Radhiyallahu’anha, bahwa ‘Ali menerima wasiat dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka dia berkata, Kapankah beliau berwasiat kepadanya? Padahal ketika beliau sakit, beliau bersandar di dadaku -atau berkata- di pangkuanku. Kemudian beliau meminta bejana, sesudah itu beliau rebahan di pangkuanku dan saya tidak sadar jika beliau telah tiada. Maka kapankah beliau berwasiat kepadanya?!

(Shahih Muslim : 1636 – 19)

حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ مَنْصُوْرٍ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ وَأَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَعَمْرٌو النَّاقِدُ وَاللَّفْظُ لِسَعِيْدٍ قَالُوْا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ سُلَيْمَانَ اْلأَحْوَلِ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ قَالَ:

قَالَ اِبْنُ عَبَّاسٍ يَوْمُ الْخَمِيْسِ وَمَا يَوْمُ الْخَمِيْسِ ثُمَّ بَكَى حَتَّى بَلَّ دَمْعُهُ الْحَصَى فَقُلْتُ يَا اِبْنَ عَبَّاسٍ وَمَا يَوْمُ الْخَمِيْسِ قَالَ اِشْتَدَّ بِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَجَعُهُ فَقَالَ اُئْتُونِي أَكْتُبْ لَكُمْ كِتَابًا لاَ تَضِلُّوْا بَعْدِي فَتَنَازَعُوْا وَمَا يَنْبَغِي عِنْدَ نَبِيٍّ تَنَازُعٌ وَقَالُوْا مَا شَأْنُهُ أَهَجَرَ اِسْتَفْهِمُوْهُ قَالَ دَعُوْنِي فَالَّذِي أَنَا فِيْهِ خَيْرٌ أُوصِيْكُمْ بِثَلاَثٍ أَخْرِجُوْا الْمُشْرِكِينَ مِنْ جَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَأَجِيْزُوْا الْوَفْدَ بِنَحْوِ مَا كُنْتُ أُجِيزُهُمْ قَالَ وَسَكَتَ عَنِ الثَّالِثَةِ أَوْ قَالَهَا فَأُنْسِيْتُهَا قَالَ أَبُو إِسْحَقَ إِبْرَاهِيْمُ حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ بِشْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بِهَذَا الْحَدِيْثِ

20 – (1637)

Telah menceritakan kepada kami Sa’id bin Manshur dan Qutaibah bin Sa’id dan Abu Bakar bin Abu Syaibah dan ‘Amru An Naqid dan ini lafadz Sa’id, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Sulaiman Al Ahwal dari Sa’id bin Jubair dia berkata, Ibnu Abbas Radhiyallahu’anhu berkata:

Hari kamis, apakah hari kamis itu?! Kemudian dia menangis sampai air matanya membasahi batu kerikil, lalu saya bertanya kepadanya, Wahai Ibnu Abbas, memangnya ada apa dengan hari kamis? dia menjawab, Pada hari kamis, sakit yang diderita Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam semakin parah, kemudian beliau bersabda: Kemarilah, saya akan menuliskan untukmu suatu catatan yang membuatmu tidak akan tersesat sepeninggalku nanti. Lalu para sahabat saling berbantahan, padahal tidak pantas dan tidak layak hal itu terjadi di hadapan beliau. Kemudian mereka bertanya, Ada apa dengan beliau? Tanyakanlah langsung kepada beliau! Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: Biarkanlah saya, apa yang saya alami sekarang ini lebih baik. Sesungguhnya saya mewasiatkan kepada kalian tiga perkara; usirlah orang-orang musyrik dari jazirah Arab, berikanlah kepada para utusan (delegasi) sesuatu yang sama dengan apa yang pernah saya berikan kepada mereka (yaitu menghormati dan melayaninya). Setelah itu beliau diam, tidak menyebutkan perkara yang ketiga, atau menyebutkannya namun saya lupa. Abu Ishaq Ibrahim berkata; telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Bisyr dia berkata; telah menceritakan kepada kami Sufyan dengan hadits ini.

(Shahih Muslim : 1637 – 20)

حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ أَخْبَرَنَا وَكِيْعٌ عَنْ مَالِكِ بْنِ مِغْوَلٍ عَنْ طَلْحَةَ بْنِ مُصَرِّفٍ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ قَالَ:

يَوْمُ الْخَمِيْسِ وَمَا يَوْمُ الْخَمِيْسِ ثُمَّ جَعَلَ تَسِيْلُ دُمُوْعُهُ حَتَّى رَأَيْتُ عَلَى خَدَّيْهِ كَأَنَّهَا نِظَامُ اللُّؤْلُؤِ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اُئْتُوْنِي بِالْكَتِفِ وَالدَّوَاةِ أَوِ اللَّوْحِ وَالدَّوَاةِ أَكْتُبْ لَكُمْ كِتَابًا لَنْ تَضِلُّوْا بَعْدَهُ أَبَدًا فَقَالُوْا إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَهْجُرُ

21 – (1637)

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim telah mengabarkan kepada kami Waki’ dari Malik bin Mighwal dari Thalhah bin Musharif dari Sa’id bin Jubair dari Ibnu Abbas bahwa dia pernah berseru:

Hari kamis, apakah hari kamis itu!? kemudian dia meneteskan air mata hingga saya melihat di pipinya seakan-akan mengeluarkan butiran permata, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: Kesinilah dengan membawa tulang dan lembaran, saya akan menuliskan buat kalian suatu catatan yang kalian tidak akan tersesat sepeninggalku selamanya. Maka mereka berkata: Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedang mengigau.

(Shahih Muslim : 1637 – 21)

وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ وَعَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ قَالَ عَبْدٌ أَخْبَرَنَا وَ قَالَ اِبْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُتْبَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ:

لَمَّا حُضِرَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَفِي الْبَيْتِ رِجَالٌ فِيْهِمْ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَلُمَّ أَكْتُبْ لَكُمْ كِتَابًا لاَ تَضِلُّوْنَ بَعْدَهُ فَقَالَ عُمَرُ إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ غَلَبَ عَلَيْهِ الْوَجَعُ وَعِنْدَكُمْ الْقُرْآنُ حَسْبُنَا كِتَابُ اللهِ فَاخْتَلَفَ أَهْلُ الْبَيْتِ فَاخْتَصَمُوْا فَمِنْهُمْ مَنْ يَقُوْلُ قَرِّبُوْا يَكْتُبْ لَكُمْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كِتَابًا لَنْ تَضِلُّوْا بَعْدَهُ وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُوْلُ مَا قَالَ عُمَرُ فَلَمَّا أَكْثَرُوْا اللَّغْوَ وَاْلاِخْتِلاَفَ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُوْمُوْا قَالَ عُبَيْدُ اللهِ فَكَانَ اِبْنُ عَبَّاسٍ يَقُوْلُ إِنَّ الرَّزِيَّةَ كُلَّ الرَّزِيَّةِ مَا حَالَ بَيْنَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبَيْنَ أَنْ يَكْتُبَ لَهُمْ ذَلِكَ الْكِتَابَ مِنْ اِخْتِلاَفِهِمْ وَلَغَطِهِمْ

22 – (1637)

Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Rafi’ dan Abd bin Humaid, Abd berkata; telah mengabarkan kepada kami, dan Ibnu Rafi’ berkata; telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq telah mengabarkan kepada kami Ma’mar dari Az Zuhri dari ‘Ubaidullah bin Abdullah bin ‘Utbah dari Ibnu Abbas Radhiyallahu’anhu dia berkata:

Tatkala Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendekati ajalnya, sedangkan di rumah beliau telah hadir beberapa orang yang di antaranya adalah Umar bin Khattab. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Kemarilah, saya akan menulis suatu catatan yang kalian tidak akan tersesat sepeninggalku.Lalu Umar berkata, Tampaknya sakit beliau bertambah parah, bukankah Al Qur’an telah berada pada diri kalian? Cukuplah bagi kita Kitabullah. Orang-orang yang berada di sekitar beliau ketika itu berbeda pendapat, lalu mereka saling berbantah-bantahan. Ada yang mengatakan, Mendekatlah kepada beliau, supaya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dapat menuliskan suatu wasiat buat kalian, agar kalian tidak tersesat sepeninggalnya. Dan yang lain berpendapat seperti perkataan Umar, sehingga mereka menjadi ribut di sekitar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Berdirilah kalian semua (maksudnya pergi dari sisi beliau). Ubaidullah berkata; Ibnu Abbas berkata, Kerugian besar (bagi kaum Muslimin), mereka gagal menuliskan pesan terakhir Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam karena mereka saling berbantah-bantahan di sekitar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang sedang sakit keras.

(Shahih Muslim : 1637 – 22)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: