Sujud Sahwi ( Sujud ketika ada yang terlupa didalam shalat)

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَامَ يُصَلِّي جَاءَهُ الشَّيْطَانُ فَلَبَسَ عَلَيْهِ حَتَّى لاَ يَدْرِيَ كَمْ صَلَّى فَإِذَا وَجَدَ ذَلِكَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ

82(369)-

حَدَّثَنِي عَمْرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ قَالاَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ وَهُوَ اِبْنُ عُيَيْنَةَ قَالَ ح وَحَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ رُمْحٍ عَنِ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ كِلاَهُمَا عَنِ الزُّهْرِيِّ بِهَذَا اْلإِسْنَادِ نَحْوَهُ

(369)

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dia berkata, saya membaca di hadapan Malik dari Ibnu Syihab dari Abu Salamah bin Abdurrahman dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu

Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, Salah seorang dari kalian jika mendirikan shalat, maka setan mendatanginya, lalu merancukan (kekhusyu’annya) hingga dia tidak mengetahui berapa rakaat dia shalat. Maka apabila salah seorang dari kalian mendapati hal tersebut maka hendaklah dia bersujud dua kali, sedang dia masih dalam keadaan duduk.

(Shahih Muslim 569-82)

Telah menceritakan kepadaku Amru an-Naqid dan Zuhair bin Harb keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dan dia adalah Ibnu Uyainah dia berkata, –Lewat jalur periwayatan lain– dan telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id dan Muhammad bin Rumh dari al-Laits bin Sa’d keduanya meriwayatkan dari az-Zuhri dengan isnad ini hadits semisalnya.

(Shahih Muslim 569)

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيْرٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ حَدَّثَهُمْ:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا نُودِيَ بِاْلأَذَانِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ لَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لاَ يَسْمَعَ اْلأَذَانَ فَإِذَا قُضِيَ اْلأَذَانُ أَقْبَلَ فَإِذَا ثُوِّبَ بِهَا أَدْبَرَ فَإِذَا قُضِيَ التَّثْوِيْبُ أَقْبَلَ يَخْطُرُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَنَفْسِهِ يَقُوْلُ اُذْكُرْ كَذَا اُذْكُرْ كَذَا لِمَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ إِنْ يَدْرِي كَمْ صَلَّى فَإِذَا لَمْ يَدْرِ أَحَدُكُمْ كَمْ صَلَّى فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ

(369)-83

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami Mu’adz bin Hisyam telah menceritakan kepadaku Bapakku dari Yahya bin Abi Katsir telah menceritakan kepada kami Abu Salamah bin Abdurrahman bahwa Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu telah menceritakan kepada mereka:

Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, Apabila adzan dikumandangkan, maka setan berpaling lari terbirit-birit sehingga dia tidak mendengar adzan tersebut. Dan apabila adzan tersebut selesai, maka dia maju kembali. Apabila diiqamatkan shalat, maka dia berpaling. Dan apabila iqamah selesai dikumandangkan maka dia datang kembali, melintas di antara seseorang dan nafsunya. Di berkata, Ingatlah yang demikian dan ingatlah yang demikian untuk sesuatu yang sebelumnya dia tidak mengingatnya, hingga laki-laki tersebut senantiasa tidak mengetahui berapa rakaat dia shalat. Maka apabila salah seorang dari kalian tidak mengetahui berapa rakaat dia shalat, hendaklah dia bersujud dua kali sedang dia masih dalam keadan duduk.

(Shahih Muslim 569-83)

حَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا اِبْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي عَمْرٌو عَنْ عَبْدِ رَبِّهِ بْنِ سَعِيْدٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ اْلأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا ثُوِّبَ بِالصَّلاَةِ وَلَّى وَلَهُ ضُرَاطٌ فَذَكَرَ نَحْوَهُ وَزَادَ فَهَنَّاهُ وَمَنَّاهُ وَذَكَّرَهُ مِنْ حَاجَاتِهِ مَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ

(369)-84

Telah menceritakan kepadaku Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb telah mengabarkan kepadaku Amru dari ‘Abdu Rabbih bin Sa’id dari Abdurrahman al-A’raj dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu:

Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, Sesungguhnya setan apabila dikumandangkan iqamah shalat, maka dia berpaling terbirit-birit. Lalu dia menyebutkan hadits semisalnya. Dan dia menambahkan, Dia membahagiakannya dan memberinya angan-angan, serta mengingatkan sebagian dari hajatnya yang sebelumnya tidak ingat.

(Shahih Muslim 569-84)

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ اْلأَعْرَجِ عَنْ عَبْدِ اللهِ ابْنِ بُحَيْنَةَ قَالَ:

صَلَّى لَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ مِنْ بَعْضِ الصَّلَوَاتِ ثُمَّ قَامَ فَلَمْ يَجْلِسْ فَقَامَ النَّاسُ مَعَهُ فَلَمَّا قَضَى صَلاَتَهُ وَنَظَرْنَا تَسْلِيْمَهُ كَبَّرَ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ التَّسْلِيْمِ ثُمَّ سَلَّمَ

85-(570)

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dia berkata, Saya menyetorkan hapalan di hadapan Malik dari Ibnu Syihab dari Abdurrahman al-A’raj dari Abdullah bin Buhainah dia berkata:

Pada suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengimami kami shalat. Setelah dua rakaat, beliau langsung berdiri tanpa duduk (tasyahud awal), dan jamaah makmum turut pula berdiri mengikuti beliau. Tatkala shalat telah selesai, dan kami sedang menunggu-menunggu beliau mengucapkan salam, ternyata beliau bertakbir, lalu bersujud dua kali ketika duduk sebelum salam, setelah itu barulah beliau mengucapkan salam

(Shahih Muslim 570-85)

وَحَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ حَدَّثَنَا لَيْثٌ قَالَ ح وَحَدَّثَنَا اِبْنُ رُمْحٍ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنِ اْلأَعْرَجِ عَنْ عَبْدِ اللهِ ابْنِ بُحَيْنَةَ اْلأَسْدِيِّ حَلِيْفِ بَنِي عَبْدِ الْمُطَّلِبِ :

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ فِي صَلاَةِ الظُّهْرِ وَعَلَيْهِ جُلُوْسٌ فَلَمَّا أَتَمَّ صَلاَتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ يُكَبِّرُ فِي كُلِّ سَجْدَةٍ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ وَسَجَدَهُمَا النَّاسُ مَعَهُ مَكَانَ مَا نَسِيَ مِنَ الْجُلُوسِ

86 – (570)

Dan telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami Laits dia berkata, –Lewat jalur periwayatan lain– dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Rumhin telah mengabarkan kepada kami al-Laits dari Ibnu Syihab dari al-A’raj dari Abdullah bin Buhainah al-Asdi yaitu kawan yang telah bersumpah setia dengan Bani Abdul Muththalib:

Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah shalat Zhuhur, dalam shalat itu beliau langsung berdiri, padahal seharusnya duduk (tasyahud awal). Maka ketika shalat telah cukup (empat raka’at), maka beliau bersujud dua kali dengan membaca takbir setiap kali sujud, yaitu ketika duduk sebelum salam. Orang-orang ikut pula sujud bersama-sama dengan beliau, sebagai pengganti tasyahud awal yang terlupa

(Shahih Muslim 570-86)

وَحَدَّثَنَا أَبُوْ الرَّبِيْعِ الزَّهْرَانِيُّ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ اْلأَعْرَجِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَالِكِ ابْنِ بُحَيْنَةَ اْلأَزْدِيِّ:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ فِي الشَّفْعِ الَّذِي يُرِيْدُ أَنْ يَجْلِسَ فِي صَلاَتِهِ فَمَضَى فِي صَلاَتِهِ فَلَمَّا كَانَ فِي آخِرِ الصَّلاَةِ سَجَدَ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ ثُمَّ سَلَّمَ

87 – (570)

Dan telah menceritakan kepada kami Abu ar-Rabi’ az-Zahrani telah menceritakan kepada kami Hammad telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa’id dari Abdurrahman al-A’raj dari Abdullah bin Malik bin Buhainah al-Azdi:

Pernah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam langsung berdiri dalam rakaat genap yang seharusnya beliau duduk (tahiyat) dalam shalatnya, dan beliau terus saja meneruskan shalatnya. Tatkala beliau berada di akhir shalat, maka beliau sujud sebelum salam kemudian mengucapkan salam.

(Shahih Muslim 570-87)

وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي خَلَفٍ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ دَاوُدَ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلاَلٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي سَعِيْدِ الْخُدْرِيِّ قَالَ:

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِي صَلاَتِهِ فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى ثَلاَثًا أَمْ أَرْبَعًا فَلْيَطْرَحِ الشَّكَّ وَلْيَبْنِ عَلَى مَا اسْتَيْقَنَ ثُمَّ يَسْجُدُ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ فَإِنْ كَانَ صَلَّى خَمْسًا شَفَعْنَ لَهُ صَلاَتَهُ وَإِنْ كَانَ صَلَّى إِتْمَامًا ِلأَرْبَعٍ كَانَتَا تَرْغِيْمًا لِلشَّيْطَانِ

88-(571)

Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Ahmad bin Abi Khalaf telah menceritakan kepada kami Musa bin Dawud telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Bilal dari Zaid bin Aslam dari ‘Atha’ bin Yasar dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu’anhu dia berkata:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Apabila salah seorang dari kalian ragu dalam shalatnya, dan tidak mengetahui berapa rakaat dia shalat, tiga ataukah empat rakaat maka buanglah keraguan, dan ambilah yang pasti (yaitu yang sedikit). Kemudian sujudlah dua kali sebelum memberi salam. Jika ternyata dia shalatlimarakaat, maka sujudnya telah menggenapkan shalatnya. Dan jika, ternyata shalatnya memang empat rakaat maka kedua sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan

(Shahih Muslim 571-88)

حَدَّثَنِي أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ وَهْبٍ حَدَّثَنِي عَمِّي عَبْدُ اللهِ حَدَّثَنِي دَاوُدُ بْنُ قَيْسٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ بِهَذَا اْلإِسْنَادِ وَفِي مَعْنَاهُ قَالَ يَسْجُدُ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ السَّلاَمِ كَمَا قَالَ سُلَيْمَانُ بْنُ بِلاَلٍ

(571)

Telah menceritakan kepadaku Ahmad bin Abdurrahman bin Wahb telah menceritakan kepadaku Pamanku, Abdullah telah menceritakan kepadaku Dawud bin Qais dari Zaid bin Aslam dengan isnad ini, dan dalam makna hadits dia mengatakan: Hendaklah dia sujud dua kali sebelum salam sebagaimana yang dikatakan Sulaiman bin Bilal.

(Shahih Muslim 571)

وَحَدَّثَنَا عُثْمَانُ وَأَبُوْ بَكْرِ ابْنَا أَبِي شَيْبَةَ وَإِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ جَمِيْعًا عَنْ جَرِيْرٍ قَالَ عُثْمَانُ حَدَّثَنَا جَرِيْرٌ عَنْ مَنْصُوْرٍ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ عَلْقَمَةَ قَالَ:

قَالَ عَبْدُ اللهِ صَلَّى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِبْرَاهِيمُ زَادَ أَوْ نَقَصَ فَلَمَّا سَلَّمَ قِيْلَ لَهُ يَا رَسُوْلَ اللهِ أَحَدَثَ فِي الصَّلاَةِ شَيْءٌ قَالَ وَمَا ذَاكَ قَالُوْا صَلَّيْتَ كَذَا وَكَذَا قَالَ فَثَنَى رِجْلَيْهِ وَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ فَقَالَ إِنَّهُ لَوْ حَدَثَ فِي الصَّلاَةِ شَيْءٌ أَنْبَأْتُكُمْ بِهِ وَلَكِنْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ فَإِذَا نَسِيْتُ فَذَكِّرُوْنِي وَإِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِي صَلاَتِهِ فَلْيَتَحَرَّ الصَّوَابَ فَلْيُتِمَّ عَلَيْهِ ثُمَّ لِيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ

89 – (572)

Dan telah menceritakan kepada kami Utsman dan Abu Bakar, keduanya putra Abu Syaibah, serta Ishaq bin Ibrahim semuanya meriwayatkan dari Jarir, berkata Utsman, telah menceritakan kepada kami Jarir dari Manshur dari Ibrahim dari Alqamah dia berkata, Abdullah berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam shalat -Ibrahim berkata- melebihi atau kurang dari jumlah rakaat (yang semestinya).

Tatkala beliau memberi salam, ditanyakan kepadanya:  Wahai, Rasulullah! Apakah ada perubahan dalam shalat?  Nabi bertanya : Mengapa demikian pertanyaanmu?   Mereka menjawab: Kamu shalat begini, begini, dan begini. Lalu beliau menyimpulkan kedua kakinya menghadap ke kiblat, lalu bersujud dua kali, kemudian memberi salam. Kemudian beliau menghadapkan mukanya kepada kami seraya bersabda: Sesungguhnya jika ada suatu perubahan tentang cara shalat, tentu aku memberitahukan kepada kalian semua. Aku hanyalah manusia yang bisa saja lupa (salah) sebagaimana kalian juga bisa lupa (salah). Karena itu, apabila aku lupa, maka ingatkanlah aku. Dan apabila kamu ragu dalam shalat tentang jumlah rakaatnya, ambillah yang pasti benar (yaitu jumlah yang sedikit), lalu sempurnakanlah atasnya, kemudian bersujudlah dua kali.

(Shahih Muslim 572-89)

حَدَّثَنَاه أَبُوْ كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا اِبْنُ بِشْرٍ قَالَ ح وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ حَدَّثَنَا وَكِيْعٌ كِلاَهُمَا عَنْ مِسْعَرٍ عَنْ مَنْصُوْرٍ بِهَذَا اْلإِسْنَادِ وَفِي رِوَايَةِ اِبْنِ بِشْرٍ فَلْيَنْظُرْ أَحْرَى ذَلِكَ لِلصَّوَابِ وَفِي رِوَايَةِ وَكِيْعٍ فَلْيَتَحَرَّ الصَّوَابَ

90 – (572)

Telah menceritakan tentangnya kepada kami Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami Ibnu Bisyr dia berkata, –Lewat jalur periwayatan lain– dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Hatim telah menceritakan kepada kami Waki’ keduanya meriwayatkan dari Mis’ar dari Manshur dengan isnad ini, dan dalam riwayat Ibnu Bisyr dengan redaksi : “Maka hendaklah dia melihat kepada yang lebih tepat pada kebenaran”  Sedangkan dalam riwayat Waki’: “Maka hendaklah dia menepatkan pada kebenaran”

(Shahih Muslim 572-90)

وَحَدَّثَنَاه عَبْدُ اللهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدَّارِمِيُّ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَسَّانَ حَدَّثَنَا وُهَيْبُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا مَنْصُورٌ بِهَذَا اْلإِسْنَادِ وَقَالَ مَنْصُورٌ فَلْيَنْظُرْ أَحْرَى ذَلِكَ لِلصَّوَابِ

حَدَّثَنَاه إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ بْنُ سَعِيْدِ اْلأُمَوِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ مَنْصُوْرٍ بِهَذَا اْلإِسْنَادِ وَقَالَ فَلْيَتَحَرَّ الصَّوَابَ

حَدَّثَنَاه مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مَنْصُوْرٍ بِهَذَا اْلإِسْنَادِ وَقَالَ فَلْيَتَحَرَّ أَقْرَبَ ذَلِكَ إِلَى الصَّوَابِ

حَدَّثَنَاه يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا فُضَيْلُ بْنُ عِيَاضٍ عَنْ مَنْصُوْرٍ بِهَذَا اْلإِسْنَادِ وَقَالَ فَلْيَتَحَرَّ الَّذِي يَرَى أَنَّهُ الصَّوَابُ

حَدَّثَنَاه ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ الصَّمَدِ عَنْ مَنْصُورٍ بِإِسْنَادِ هَؤُلاَءِ وَقَالَ فَلْيَتَحَرَّ الصَّوَابَ

(572)

Dan telah menceritakan tentangnya kepada kami Abdullah bin Abdurrahman ad-Darimi telah mengabarkan kepada kami Yahya bin Hassan telah menceritakan kepada kami Wuhaib bin Khalid telah menceritakan kepada kami Manshur dengan isnad ini, dan Manshur berkata, Maka hendaklah dia melihat kepada yang lebih tepat pada kebenaran.

Telah menceritakan tentangnya kepada kami Ishaq bin Ibrahim telah mengabarkan kepada kami Ubaid bin Sa’id al-Umawi telah menceritakan kepada kami Sufyandari Manshur dengan isnad ini, dan dia berkata, Maka hendaklah dia menepatkan pada kebenaran.

Telah menceritakan tentangnya kepada kami Muhammad bin al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far telah menceritakan kepada kami Syu’bahdari Manshur dengan isnad ini, dan dia berkata, Maka hendaklah dia menepatkan pada yang paling dekat kepada kebenaran.

Telah menceritakan tentangnya kepada kami Yahya bin Yahyatelah mengabarkan kepada kami Fudhail bin Iyadh dari Manshur dengan isnad ini, dan dia berkata, Maka hendaklah dia menepatkan pada sesuatu yang dilihatnya benar.

Telah menceritakan tentangnya kepada kami Ibnu Abi Umar telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Abdush Shamad dari Manshur dengan isnad mereka, dan dia berkata, Maka hendaklah dia menepatkan pada kebenaran.

(Shahih Muslim 572)

حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ مُعَاذٍ اَلْعَنْبَرِيُّ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنِ الْحَكَمِ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللهِ:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الظُّهْرَ خَمْسًا فَلَمَّا سَلَّمَ قِيْلَ لَهُ أَزِيْدَ فِي الصَّلاَةِ قَالَ وَمَا ذَاكَ قَالُوْا صَلَّيْتَ خَمْسًا فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ

91 – (572)

Telah menceritakan kepada kami Ubaidullah bin Mu’adz al-Anbari telah menceritakan kepada kami Bapakku telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari al-Hakam dari Ibrahim dari Alqamah dari Abdullah :

Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam (suatu ketika) shalat Zhuhurlimarakaat. Ketika beliau telah mengucapkan salam, maka ditanyakan kepada beliau: Apakah raka’at shalat bertambah, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: ‘Mengapa demikian?  Mereka menjawab: Anda shalatlimarakaat. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersujud dua kali

(Shahih Muslim 572-91)

و حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ عَنْ الْحَسَنِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ أَنَّهُ صَلَّى بِهِمْ خَمْسًا

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَاللَّفْظُ لَهُ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ الْحَسَنِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سُوَيْدٍ قَالَ صَلَّى بِنَا عَلْقَمَةُ الظُّهْرَ خَمْسًا فَلَمَّا سَلَّمَ قَالَ الْقَوْمُ يَا أَبَا شِبْلٍ قَدْ صَلَّيْتَ خَمْسًا قَالَ كَلَّا مَا فَعَلْتُ قَالُوا بَلَى قَالَ وَكُنْتُ فِي نَاحِيَةِ الْقَوْمِ وَأَنَا غُلَامٌ فَقُلْتُ بَلَى قَدْ صَلَّيْتَ خَمْسًا قَالَ لِي وَأَنْتَ أَيْضًا يَا أَعْوَرُ تَقُولُ ذَاكَ قَالَ قُلْتُ نَعَمْ قَالَ فَانْفَتَلَ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ قَالَ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَمْسًا فَلَمَّا انْفَتَلَ تَوَشْوَشَ الْقَوْمُ بَيْنَهُمْ فَقَالَ مَا شَأْنُكُمْ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ زِيدَ فِي الصَّلَاةِ قَالَ لَا قَالُوا فَإِنَّكَ قَدْ صَلَّيْتَ خَمْسًا فَانْفَتَلَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ قَالَ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ وَزَادَ ابْنُ نُمَيْرٍ فِي حَدِيثِهِ فَإِذَا نَسِيَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ

92 – (572)

Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kamiIbnu Idris dari al-Hasan bin Ubaidullah dari Ibrahim dari Alqamah bahwasanya dia shalat mengimami mereka lima rakaat. –Lewat jalur periwayatan lain– telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abi Syaibah dan lafazh tersebut adalah miliknya, telah menceritakan kepada kami Jarir dari al-Hasan bin Ubaidullah dari Ibrahim bin Suwaid dia berkata:

Alqamah shalat Zhuhur mengimami kami lima rakaat, ketika dia mengucapkan salam, maka suatu kaum berkata, Wahai Abu Syibl, kamu telah melakukan shalat lima rakaat!. Dia menjawab: ‘Tidak demikian, aku tidak melakukannya. Mereka berkata: Ya, kamu telah melakukannya. Perawi berkata: ‘Aku berada di sudut suatu kaum, dan aku ketika itu masih kecil. Aku berkata, Ya kamu telah shalat lima rakaat. Dia berkata kepadaku: Dan kamu juga mengatakan demikian wahai A’war?’ Aku menjawab:  Ya. Lalu dia berpaling, lalu bersujud dua kali, kemudian mengucapkan salam. Kemudian dia berkata, Abdullah berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam shalat mengimami kami lima rakaat. Ketika beliau berpaling maka kaum tersebut menggumam di antara mereka, maka beliau bertanya, Ada apa dengan kalian?   Mereka menjawab: ‘Wahai Rasulullah, apakah rakaat dalam shalat ditambahkan?  Beliau menjawab: Tidak. Mereka berkata: Sesungguhnya kamu telah melakukan shalat lima rakaat. Lalu beliau berpaling kemudian sujud dua kali, kemudian mengucapkan salam. Kemudian beliau bersabda: ‘Aku hanyalah manusia biasa yang bisa lupa sebagaimana kalian juga bisa lupa. Ibnu Numair menambahkan dalam hadisnya, Apabila salah seorang dari kalian lupa, hendaklah dia bersujud dua kali

(Shahih Muslim 572-90)

وَحَدَّثَنَاه عَوْنُ بْنُ سَلاَّمٍ اَلْكُوْفِيُّ أَخْبَرَنَا أَبُوْ بَكْرٍ اَلنَّهْشَلِيُّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ اْلأَسْوَدِ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ:

صَلَّى بِنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَمْسًا فَقُلْنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ أَزِيْدَ فِي الصَّلاَةِ قَالَ وَمَا ذَاكَ قَالُوْا صَلَّيْتَ خَمْسًا قَالَ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ أَذْكُرُ كَمَا تَذْكُرُوْنَ وَأَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْ السَّهْوِ

93 – (572)

Dan telah menceritakannya kepada kami ‘Aun bin Sallam al-Kufi telah mengabarkan kepada kami Abu Bakar an-Nahsyali dari Abdurrahman bin al-Aswad dari Bapaknya dari Abdullah dia berkata:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam shalat mengimami kamilimarakaat. Lalu kami berkata: Wahai Rasulullah apakah rakaat di dalam shalat ditambahkan? Beliau menjawab : Tidak demikian.  Mereka berkata: Anda telah shalatlimarakaat. Beliau bersabda: Aku hanyalah manusia biasa seperti kalian, bisa ingat sebagaimana kalian ingat, dan juga bisa lupa sebagaimana kalian lupa.  Kemudian beliau bersujud karena lupa (sujud sahwi) sebanyak dua kali

(Shahih Muslim 572-93)

وَحَدَّثَنَا مِنْجَابُ بْنُ الْحَارِثِ التَّمِيْمِيُّ أَخْبَرَنَا اِبْنُ مُسْهِرٍ عَنِ اْلأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ:

صَلَّى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَزَادَ أَوْ نَقَصَ قَالَ إِبْرَاهِيْمُ وَالْوَهْمُ مِنِّي فَقِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللَّهِ أَزِيْدَ فِي الصَّلاَةِ شَيْءٌ فَقَالَ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ فَإِذَا نَسِيَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ ثُمَّ تَحَوَّلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ

94 – (572)

Dan telah menceritakan kepada kami Minjab bin al-Harits at-Tamimi telah mengabarkan kepada kami Ibnu Mushir dari al-A’masy dari Ibrahim dari Alqamah dari Abdullah dia berkata:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam shalat, lalu beliau kelebihan atau kurang raka’atnya. Ibrahim berkata: “Praduga salah ini berasal dariku”–Maksudnya Ibrahim ragu antara redaksi kelebihan atau kurang– Lalu ditanyakanlah “Wahai Rasulullah, apakah di dalam shalat tersebut telah ditambahkan rakaatnya?” Beliau menjawab: “Sesungguhnya aku manusia biasa seperti kalian yang bisa lupa sebagaimana kalian juga lupa. Apabila salah seorang dari kalian lupa maka hendaklah dia bersujud dua kali.’ Ketika itu beliau dalam keadaan duduk. Kemudian beliau berpaling lalu bersujud dua kali.”

(Shahih Muslim 572-94)

وَحَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُوْ كُرَيْبٍ قَالاَ حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ قَالَ ح وَحَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا حَفْصٌ وَأَبُوْ مُعَاوِيَةَ عَنِ اْلأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللهِ:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَجَدَ سَجْدَتَيْ السَّهْوِ بَعْدَ السَّلاَمِ وَالْكَلاَمِ

95 – (572)

Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah dan Abu Kuraibkeduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Muawiyah dia berkata, –Lewat jalur periwayatan lain– dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami Hafsh dan Abu Muawiyah dari al-A’masy dari Ibrahim dari Alqamah dari Abdullah :

Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam sujud sahwi sebanyak dua kali setelah mengucap salam dan berkata-kata

(Shahih Muslim 572-95)

وَحَدَّثَنِي الْقَاسِمُ بْنُ زَكَرِيَّاءَ حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيِّ الْجُعْفِيُّ عَنْ زَائِدَةَ عَنْ سُلَيْمَانَ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ:

صَلَّيْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِمَّا زَادَ أَوْ نَقَصَ قَالَ إِبْرَاهِيْمُ وَاَيْمُ اللهِ مَا جَاءَ ذَاكَ إِلاَّ مِنْ قِبَلِي قَالَ فَقُلْنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ أَحَدَثَ فِي الصَّلاَةِ شَيْءٌ فَقَالَ لاَ قَالَ فَقُلْنَا لَهُ الَّذِي صَنَعَ فَقَالَ إِذَا زَادَ الرَّجُلُ أَوْ نَقَصَ فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ قَالَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ

96 – (572)

Dan telah menceritakan kepadaku al-Qasim bin Zakariya telah menceritakan kepada kami Husain bin Ali al-Ju’fi dari Zaidah dari Sulaiman dari Ibrahim dari Alqamah dari Abdullah, dia berkata:

Kami shalat bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, boleh jadi beliau kelebihan, boleh jadi kurang. Ibrahim berkata: Demi Allah, tidaklah orang itu datang melainkan dari arah depanku.

Dia berkata lagi:  Kami berkata: Wahai Rasulullah, apakah ada sesuatu baru dalam shalat?  Beliau menjawab: Tidak.  Perawi berkata: Kami berkata kepadanya tentang sesuatu yang telah diperbuatnya, maka beliau bersabda:  “Apabila seorang laki-laki kelebihan atau kurang raka’atnya, maka hendaklah dia bersujud dua kali”  Dia berkata: Kemudian beliau bersujud dua kali.

(Shahih Muslim 572-96)

حَدَّثَنِي عَمْرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ جَمِيْعًا عَنِ ابْنِ عُيَيْنَةَ قَالَ عَمْرٌو حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ حَدَّثَنَا أَيُّوْبُ قَالَ سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ سِيْرِيْنَ يَقُوْلُ سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ:

صَلَّى بِنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِحْدَى صَلاَتَيْ الْعَشِيِّ إِمَّا الظُّهْرَ وَإِمَّا الْعَصْرَ فَسَلَّمَ فِي رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ أَتَى جِذْعًا فِي قِبْلَةِ الْمَسْجِدِ فَاسْتَنَدَ إِلَيْهَا مُغْضَبًا وَفِي الْقَوْمِ أَبُوْ بَكْرٍ وَعُمَرَ فَهَابَا أَنْ يَتَكَلَّمَا وَخَرَجَ سَرَعَانُ النَّاسِ قُصِرَتِ الصَّلاَةُ فَقَامَ ذُو الْيَدَيْنِ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللهِ أَقُصِرَتِ الصَّلاَةُ أَمْ نَسِيْتَ فَنَظَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَمِيْنًا وَشِمَالاً فَقَالَ مَا يَقُوْلُ ذُوْ الْيَدَيْنِ قَالُوْا صَدَقَ لَمْ تُصَلِّ إِلاَّ رَكْعَتَيْنِ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَسَلَّمَ ثُمَّ كَبَّرَ ثُمَّ سَجَدَ ثُمَّ كَبَّرَ فَرَفَعَ ثُمَّ كَبَّرَ وَسَجَدَ ثُمَّ كَبَّرَ وَرَفَعَ قَالَ وَأُخْبِرْتُ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ أَنَّهُ قَالَ وَسَلَّمَ

97 – (573)

Telah menceritakan kepadaku Amru an-Naqid dan Zuhair bin Harb semuanya meriwayatkan dari Ibnu Uyainah. Berkata Amru, telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Uyainah telah menceritakan kepada kami Ayyub dia berkata, Saya mendengar Muhammad bin Sirin berkata, Saya mendengar Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengimami kami shalat pada salah satu dua shalat petang, mungkin shalat Zhuhur ataupun Ashar. Lalu beliau mengucapkan salam pada dua rakaat, kemudian beliau pergi ke sebatang pohon kurma di arah kiblat masjid, lalu beliau bersandar ke pohon itu dalam keadaan marah. Di antara jamaah terdapat Abu Bakar dan Umar, namun keduanya takut berbicara. Orang-orang yang suka cepat-cepat telah keluar sambil berujar, Shalat dipendekkan. Sekonyong-konyong Dzul Yadain berdiri seraya berkata: Ya, Rasulullah! Apakah shalat dipendekkan ataukah anda lupa?  Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menengok ke kanan dan ke kiri, lalu bersabda: Betulkan apa yang dikatakan Dzul Yadain itu?  Jawab mereka: Betul, wahai Rasulullah! Anda shalat hanya dua rakaat. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam shalat dua rakaat lagi, lalu memberi salam. Sesudah itu beliau bertakbir, lalu bersujud. Kemudian bertakbir, lalu bangkit dari sujud. Kemudian bertakbir, lalu bersujud lagi, sesudah itu bertakbir, lalu bangkit.

Perawi berkata: Dan saya diberi kabar dari Imran bin Hushain bahwasanya dia berkata: Dan mengucapkan salam.

(Shahih Muslim 573-97)

حَدَّثَنَا أَبُوْ الرَّبِيْعِ الزَّهْرَانِيُّ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ حَدَّثَنَا أَيُّوْبُ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ:

صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِحْدَى صَلاَتَيْ الْعَشِيِّ بِمَعْنَى حَدِيْثِ سُفْيَانَ

98 – (573)

Telah menceritakan kepada kami Abu ar-Rabi’ az-Zahrani telah menceritakan kepada kami Hammad telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Muhammad dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, dia berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, mengimami kami shalat pada salah satu dua shalat petang,semakna dengan hadits Sufyan.

(Shahih Muslim 573-98)

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ عَنْ دَاوُدَ بْنِ الْحُصَيْنِ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ مَوْلَى اِبْنِ أَبِي أَحْمَدَ أَنَّهُ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُوْلُ:

صَلَّى لَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلاَةَ الْعَصْرِ فَسَلَّمَ فِي رَكْعَتَيْنِ فَقَامَ ذُوْ الْيَدَيْنِ فَقَالَ أَقُصِرَتِ الصَّلاَةُ يَا رَسُوْلَ اللهِ أَمْ نَسِيْتَ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ ذَلِكَ لَمْ يَكُنْ فَقَالَ قَدْ كَانَ بَعْضُ ذَلِكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ فَأَقْبَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى النَّاسِ فَقَالَ أَصَدَقَ ذُوْ الْيَدَيْنِ فَقَالُوْا نَعَمْ يَا رَسُوْلَ اللهِ فَأَتَمَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا بَقِيَ مِنَ الصَّلاَةِ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ بَعْدَ التَّسْلِيْمِ

99 – (573)

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id dari Malik bin Anas dari Dawud bin al-Hushain dari Abu Sufyan, maula Ibnu Abi Ahmad Bahwasanya dia berkata, Saya mendengar Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengimami kami shalat Ashar. Lalu beliau mengucapkan salam pada raka’at kedua. Lalu Dzul Yadain berdiri seraya berkata: Apakah shalat telah diqashar wahai Rasulullah atau kamu telah lupa? Maka Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam berkata: Semua itu tidak terjadi. Dzul Yadain berkata: Telah terjadi sebagian dari itu wahai Rasulullah. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menghadap manusia seraya bertanya: Apakah benar perkataan Dzul Yadain? Mereka menjawab: Benar wahai Rasulullah. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menyempurnakan sisa rakaat shalat, kemudian bersujud dua kali dalam keadaan duduk setelah salam.

(Shahih Muslim 573-99)

وَحَدَّثَنِي حَجَّاجُ بْنُ الشَّاعِرِ حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ إِسْمَعِيلَ الْخَزَّازُ حَدَّثَنَا عَلِيٌّ وَهُوَ اِبْنُ الْمُبَارَكِ حَدَّثَنَا يَحْيَى حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ مِنْ صَلاَةِ الظُّهْرِ ثُمَّ سَلَّمَ فَأَتَاهُ رَجُلٌ مِنْ بَنِي سُلَيْمٍ فَقَالَ يَا رَسُوْلَ اللهِ أَقُصِرَتِ الصَّلاَةُ أَمْ نَسِيْتَ وَسَاقَ الْحَدِيْثَ

(573)

Dan telah menceritakan kepadaku Hajjaj bin asy-Syair telah menceritakan kepada kami Harun bin Ismail al-Khazzaz telah menceritakan kepada kami Ali, dan dia adalah Ibnu al-Mubarak telah menceritakan kepada kami Yahya telah menceritakan kepada kami Abu Salamah telah menceritakan kepada kami Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu:

Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam shalat dua rakaat dari shalat Zhuhur, kemudian beliau mengucapkan salam. Lalu seorang laki-laki dari bani Sulaim mendatanginya seraya bertanya: Wahai Rasulullah, apakah shalat telah diqashar atau kamu telah lupa?. Lalu dia membawakan hadits tersebut

(Shahih Muslim 573)

وَحَدَّثَنِي إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ مُوسَى عَنْ شَيْبَانَ عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ:

بَيْنَا أَنَا أُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلاَةَ الظُّهْرِ سَلَّمَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ الرَّكْعَتَيْنِ فَقَامَ رَجُلٌ مِنْ بَنِي سُلَيْمٍ وَاقْتَصَّ الْحَدِيْثَ

100-(573)

Dan telah menceritakan kepadaku Ishaq bin Manshur telah mengabarkan kepada kami Ubaidullah bin Musa dari Syaiban dari Yahya dari Abu Salamah dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, dia berkata:

Ketika kami shalat Zhuhur bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam , maka beliau mengucapkan salam sesudah dua rakaat. Lalu seorang laki-laki dari bani Sulaim berdiri dan menceritakan hadits tersebut.

(Shahih Muslim 573-100)

وَحَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ جَمِيْعًا عَنِ ابْنِ عُلَيَّةَ قَالَ زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيْلُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ خَالِدٍ عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ عَنْ أَبِي الْمُهَلَّبِ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الْعَصْرَ فَسَلَّمَ فِي ثَلاَثِ رَكَعَاتٍ ثُمَّ دَخَلَ مَنْزِلَهُ فَقَامَ إِلَيْهِ رَجُلٌ يُقَالُ لَهُ الْخِرْبَاقُ وَكَانَ فِي يَدَيْهِ طُوْلٌ فَقَالَ يَا رَسُوْلَ اللهِ فَذَكَرَ لَهُ صَنِيْعَهُ وَخَرَجَ غَضْبَانَ يَجُرُّ رِدَاءَهُ حَتَّى اِنْتَهَى إِلَى النَّاسِ فَقَالَ أَصَدَقَ هَذَا قَالُوْا نَعَمْ فَصَلَّى رَكْعَةً ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ

101 – (574)

Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah dan Zuhair bin Harbin semuanya meriwayatkan dari Ibnu Ulayyah berkata Zuhair, telah menceritakan kepada kami Ismail bin Ibrahim dari Khalid dari Abu Qilabah dari Abu al-Muhallab dari Imran bin Hushain:

Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam shalat Ashar, lalu mengucapkan salam pada rakaat ketiga, kemudian masuk rumahnya. Lalu seorang laki-laki yang dipanggil al-Khirbaq berdiri menujunya, dalam keadaan di tangannya terjulur seraya dia bertanya: Wahai Rasulullah,  lalu dia menyebutkan sesuatu yang telah beliau berbuat. Dan Rasulullah keluar dalam keadaan marah dengan menyeret surbannya hingga berhenti pada orang-orang seraya bersabda, Apakah benar yang dikatakan orang ini? Mereka menjawab: Ya benar. Lalu beliau shalat satu rakaat kemudian mengucapkan salam kemudian bersujud dua kali kemudian mengucapkan salam.

(Shahih Muslim 574-101)

وَحَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ حَدَّثَنَا خَالِدٌ وَهُوَ الْحَذَّاءُ عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ عَنْ أَبِي الْمُهَلَّبِ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ الْحُصَيْنِ قَالَ:

سَلَّمَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي ثَلاَثِ رَكَعَاتٍ مِنَ الْعَصْرِ ثُمَّ قَامَ فَدَخَلَ الْحُجْرَةَ فَقَامَ رَجُلٌ بَسِيْطُ الْيَدَيْنِ فَقَالَ أَقُصِرَتِ الصَّلاَةُ يَا رَسُوْلَ اللهِ فَخَرَجَ مُغْضَبًا فَصَلَّى الرَّكْعَةَ الَّتِي كَانَ تَرَكَ ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْ السَّهْوِ ثُمَّ سَلَّمَ

102 – (574)

Dan telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim telah mengabarkan kepada kami Abdul Wahab ats-Tsaqafi telah menceritakan kepada kami Khalid, dan dia adalah al-Hadzdza’ dari Abu Qilabah dari Abu al-Muhallab dari Imran bin al-Hushain dia berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengucapkan salam pada rakaat ketiga shalat Ashar, kemudian berdiri, lalu masuk kamar. Lalu seorang laki-laki berdiri dengan menghamparkan kedua tangannya seraya bertanya: Apakah shalat diqashar wahai Rasulullah? Lalu beliau keluar dalam keadaan marah, lalu shalat pada rakaat yang telah beliau tinggalkan, kemudian salam, kemudian bersujud dua kali sujud sahwi kemudian mengucapkan salam.”

(Shahih Muslim 574-102)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: