Setiap Manusia adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungjawaban

عَنِ ابْنِ عُمَرَ

عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم؛ أَنَّهُ قَالَ : أَلاَ كُلُّكُمْ رَاعٍ. وَكُلُّكُمْ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ. فَاْلأَمِيْرُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ، وَهُوَ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ. وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ، وَهُوَ مَسْئُوْلٌ عَنْهُمْ. وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَوَلَدِهِ، وَهِيَ مَسْئُوْلَةٌ عَنْهُمْ. وَالْعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ، وَهُوَ مَسْئُوْلٌ عَنْهُ. أَلاَ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ. وَكُلُّكُمْ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

Hadits riwayat Ibnu Umar Radhiyallahu’anhu:

Dari Nabi Shallallahu alaihi wassalam bahwa beliau bersabda: Ketahuilah! Masing-masing kamu adalah pemimpin, dan masing-masing kamu akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpin. Seorang raja yang memimpin rakyat adalah pemimpin, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin anggota keluarganya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap mereka. Seorang istri juga pemimpin bagi rumah tangga serta anak suaminya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Seorang budak juga pemimpin atas harta tuannya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpinnya. Ingatlah! Masing-masing kamu adalah pemimpin dan masing-masing kamu akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya

12 Tanggapan

  1. terima kasih, masih di tunggu hadits lain untuk dtampilkan

  2. ni hadits dari mana dapetnya? dari bungkus tenpe di dapur? lain kali nulis hadits hati hati ,tulis referensinya kitab apa juz dan halaman berapa gitu ,untungnya isi hadits dah pada mafhum semua, lha klo haditsnya masalah yang senitif pada perselisihan tu hadits dak berguna , ok!

  3. @Andree : anda klo bicara jangan seperti itu, bukan seperti akhlaq muslim. Bijaklah, berilah nasihat dengan cara yang baik untuk menutupi kekurangan. Jika anda adalah manusia terbaik dari yang lain maka kesombongan akan meliputi hati anda. Kesombongan itu akan mengantarkan seseorang pada neraka jahannam.

  4. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Terimakasih atas kritikannya dan Mohon maaf kalau penulisan hadits-hadits saya menimbulkan ketidaknyamanan. Mungkin karena perawi dan nomor haditsnya tidak saya cantumkan.
    Semua Hadits InsyaAllah saya tukil dari kitab Shahih Muslim makanya Halamannya saya beri judul Hadits Shahih Muslim. Silakan dicek ke kitab aslinya.
    Hadits-hadits postingan terbaru sudah dicantumkan perawi dan nomor haditsnya.
    Sekali lagi Mohon maaf atas segala kekhilafan dan ketidaknyamanan.
    Semoga bermanfaat.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam ukhuwah

  5. @andree : anda bukan Muslim ya ???? kalo muslim pasti sering deh denger hadist ini, semua ulama, para da’i pasti pernah membaca nih hadist kalo beliau2 berceramah !

  6. Kasian si Andre ngomongnya seperti anak SD,

  7. sob ikut menyebar luaskan hadist ini ya? sukron

  8. Alhamdulillah, Syukron

  9. @mrami : jazakalloh atas posting & klarifikasinya, mari kita terus tunjukkan akhlaq para salafussaalih.

    @andree : lebih santunlah berkomentar, jgn smp kamu berucap kasar spt cara ucapannya org2 wahabi, mu’tazilah, murji’ah & syi’ah laknatullah’alaih. Smg Allah memaafkan kita.

  10. siapakah yh disebut amir/raja sekarang ini…?

  11. Jadilah umat nabi muhammad saw yang selalu menghargai dan menghormati. kita bisa mengkritik orang lain belum tentu diri kita mau dikeritiknya dari orang lain.

  12. jangan jadikan tempat bertengkar. kalo ada yang salah ingatkan dengan santun saja. jangan sok..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: