Sunah tiga kali mengguyur air di kepala ketika mandi jinabat

عَنْ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعَمٍ قَالَ:

 تَمَارَوْا فِي الْغُسْلِ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم. فَقَالَ بَعْضُ الْقَوْمِ: أَمَّا أَنَا، فَإِنِّي أَغْسِلُ رَأْسِي كَذَا وَكَذَا. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم “أَمَّا أَنَا، فَإِنِّي أَفِيْضُ عَلَى رَأْسِي ثَلاَثَ أَكُفٍّ”.

 Hadits riwayat Jubair bin Muth`im Radhiyallahu’anhu:

Di hadapan Rasulullah para sahabat saling berselisih dalam masalah mandi. Sebagian mereka berkata: Kalau aku, aku mencuci kepalaku seperti ini, seperti ini. Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: Adapun aku, aku menuangkan air ke kepalaku dengan tiga cidukan tangan.

 

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِاللهِ؛ أَنَّ وَفْدَ ثَقِيْفٍ سَأَلُوْا النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم فَقَالُوْا:

إِنَّ أَرْضَنَا أَرْضٌ بَارِدَةٌ. فَكَيْفَ بِالْغُسْلِ؟ فَقَالَ “أَمَّا أَنَا، فَأَفْرُغُ عَلَى رَأْسِي ثَلاَثًا”.

 Hadits riwayat Jabir bin Abdullah Radhiyallahu’anhu:

Bahwa delegasi Tsaqif bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam: Sesungguhnya daerah kami adalah daerah dingin, bagaimana cara kami mandi? Beliau bersabda: Adapun aku, aku menuangkan air di kepalaku tiga kali.

Tinggalkan Balasan

