Mengusap khuf (sepatu kulit) sebagai ganti membasuh kaki

عَنْ هِمَامٍ؛ قَالَ: بَالَ جَرِيْرٌ. ثُمَّ تَوَضَّأَ. وَمَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ. فَقِيْلَ: تَفْعَلُ هَذَا؟ فَقَالَ: نَعَمْ. رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم بَالَ، ثُمَّ تَوَضَّأَ وَمَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ

 Hadits riwayat Jarir bin Abdullah Radhiyallahu’anhu: Dari Hammam, ia berkata: Jarir pernah buang air kecil, kemudian berwudhu dan mengusap sepasang khufnya. Lalu ia ditanya: Engkau melakukan hal itu? Dia menjawab: Ya, aku pernah melihat Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam buang air kecil, kemudian berwudhu dan mengusap sepasang khuf beliau

عَنْ حُذَيْفَةَ؛ قَالَ:

كُنْتُ مَعَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم. فَانْتَهَى إِلَى سَبَاطَةِ قَوْمٍ. فَبَالَ قَائِمًا. فَتَنَحَّيْتُ. فَقَالَ “أَدْنِهِ” فَدَنَوْتُ حَتَّى قُمْتُ عِنْدَ عَقَبَيْهِ. فَتَوَضَّأَ، فَمَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ

 Hadits riwayat Hudzaifah Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Aku pernah bersama Nabi Shallallahu alaihi wassalam tiba di suatu tempat pembuangan sampah milik suatu kaum. Beliau kencing dengan berdiri, lalu aku menjauh. Beliau bersabda: Mendekatlah, maka aku mendekat sampai berdiri di dekat tumit beliau. Kemudian beliau berwudhu dan mengusap sepasang khuf beliau

عَنِ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ؛ قَالَ:

بَيْنَا أَنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم ذَاتَ لَيْلَةٍ. إِذْ نَزَلَ فَقَضَى حَاجَتَهُ. ثُمَّ جَاءَ فَصَبَبْتُ عَلَيْهِ مِنْ إِدَاوَةٍ كَانَتْ مَعِي. فَتَوَضَّأَ وَمَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ

 Hadits riwayat Mughirah bin Syu`bah Radhiyallahu’anhu , ia berkata:

Suatu malam saya bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam tiba-tiba beliau turun untuk buang hajat kemudian beliau kembali maka saya menuangkan air dari kantung air yang saya bawa. Beliau berwudhu dan mengusap kedua khuf beliau.

عَنِ الْمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ ؛ قَالَ:

كُنْتُ مَعَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم ذَاتَ لَيْلَةٍ فَي مَسِيْرٍ. فَقاَلَ لِي “أَمَعَكَ مَاءٌ؟” قُلْتُ: نَعَمْ. فَنَزَلَ عَنْ رَاحِلَتِهِ. فَمَشَى حَتَّى تَوَارَى فِي سِوَادِ اللَّيْلِ. ثُمَّ جَاءَ فَأَفْرَغْتُ عَلَيْهِ مِنَ اْلإِدَاوَةِ. فَغَسَلَ وَجْهَهُ. وَعَلَيْهِ جُبَّةٌ مِنْ صُوْفٍ. فَلَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يُخْرِجَ ذِرَاعَيْهِ مِنْهَا. حَتَّى أَخْرَجَهُمَا مِنْ أَسْفَلِ الْجُبَّةِ. فَغَسَلَ ذِرَاعَيْهِ. وَمَسَحَ بِرَأسِهِ. ثُمَّ أَهْوَيْتُ ِلأَنْزَعَ خُفَّيْهِ فَقَالَ “دَعْهُمَا. فَإِنِّي أَدْخَلْتُهُمَا طَاهِرَتَيْنِ” وَمَسَحَ عَلَيْهِمَا

 Hadits riwayat Mughirah bin Syu`bah Radhiyallahu’anhu , ia berkata:

Saya pernah bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam dalam perjalanan pada suatu malam dan beliau bertanya kepada saya: “Apakah engkau membawa air?” Saya menjawab: “Iya!” Lalu beliau turun dari kendaraannya dan berjalan sehingga tidak kelihatan lagi karena gelapnya malam. Kemudian beliau datang kembali maka saya tuangkan air kepada beliau dari tempat air. Beliau membasuh mukanya dan beliau memakai jubah dari wol, tidak bisa mengeluarkan tangan dari kedua lengan jubbah itu, sehingga beliau mengeluarkan tangannya dari bawah jubbah lalu beliau membasuh kedua tangannya sampai kedua sikunya dan mengusap kepalanya. Kemudian saya membungkuk untuk membuka kedua belah sepatu beliau, tapi beliau mengatakan: “Biarkan saja (tidak usah dibuka) karena aku memakainya dalam keadaan suci (tidak berhadats) dan beliau mengusap kedua sepatunya.”

Tinggalkan Balasan

