Tidak Benar Ada Penularan Penyakit tanpa kehendak Allah, Bahaya bulan Shafar, Bintang yang menguasai hujan dan Hantu yang menyesatkan manusia

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، حِيْنَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: لاَ عَدْوَى وَلاَ صَفَرَ وَلاَ هَامَةَ. فَقَالَ أَعْرَابِيٌّ: يَا رَسُوْلَ اللهِ. فَمَا بَالُ اْلإِبِلِ تَكُوْنُ فِي الرَّمْلِ كَأَنَّهَا الظِّبَاءُ، فَيَجِيءُ الْبَعِيْرُ اْلأَجْرَبُ فَيَدْخُلُ فِيْهَا فَيُجْرِبُهَا كُلَّهَا؟ قَالَ: فَمَنْ أَعْدَى اْلأَوَّلَ

Hadits riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: Tidak ada (kepercayaan) penularan tanpa kehendak Allah, tidak ada bahaya bulan Shafar dan tidak ada hantu yang keluar dari orang yang mati terbunuh *1). Lalu seorang arab badui bertanya: Ya Rasulullah! Lalu bagaimana dengan unta yang berada di padang penggembalaan yang semula bagaikan kijang kemudian didatangi oleh unta berkudis dan setelah bergabung, maka semua unta menjadi ketularan berkudis? Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: Lalu yang manakah yang menularkan pertama kali?

عَنْ جَابِرٍ. قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: لاَ عَدْوَى وَلاَ طَيْرَةَ وَلاَ غَوْلَ

Hadits riwayat Jabir Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda:
Tidak ada penularan penyakit, tidak ada pengaruh suara burung, tidak ada hantu yang menyesatkan (di tengah padang) *2)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ؛ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: لاَ عَدْوَى وَلاَ هَامَةَ وَلاَ نَوْءَ وَلاَ صَفَرَ

Hadits riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, Bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: Tidak ada penularan penyakit, tidak ada hantu yang keluar dari orang yang mati terbunuh, dan tidak ada bintang yang menguasai hujan *3) dan tidak ada bahaya bulan Shafar.

*1) Tidak semua penyakit menular, oleh karena itu tidak perlu pemisahan antara yang sehat dengan yang sakit. Tetapi mana yang dipastikan akan menular, diperingatkan oleh Nabi dalam hadits lain supaya diadakan pembatasan keluar masuk yang ketat dan juga binatang yang sehat jangan didekatkan kepada yang sakit.
Kepercayaan jahiliyah tentang turunnya penyakit dibulan Shafar dan keluarnya sebangsa hantu dari tubuh orang yang mati terbunuh tidak dibenarkan oleh Nabi.

*2)Menurut kepercayaan jahiliyah apabila seseorang akan berangkat atau hendak mengerjakansesuatu, apabila didengarnya suara semacam burung, mak adianggapnya hal itu alamat yang kurang baik, sehingga rencananya dan perjalanannya di gagalkan. Hal ini tidak dibenarkan oleh Nabi. Juga tidak dibenarkan adanya sebangsa hantu yang bisa menyesatkan orang ditengah padang, sehingga tidak diketahuinya lagi mana jalan yang mesti ditempuh dan diturut.

*3)Kepercayaan bahwa terbitnya bintang tertentu menyebabkan turunnya hujan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: