Do’a Sholat Dhuha

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Alloohumma innadhdhuhaa a dhuhaa uka

wal bahaa a bahaa uka  

wal jamaala jamaaluka

walquwwata quwwatuka

walqudrota qudrotuka

wal ’ishmata ‘ishmatuka

Alloohumma in kaana rizqii fissamaa i fanzil hu

wa in kaana fil ardhi fakhrij hu

wa in kaana mu ’assiron fayassir hu

wa in kaana harooman fathohhir hu

wa in kaana ba ’iidan faqorrib hu  

bi haqqi dhuhaa ika wa bahaa ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika

aatinii maa aataita ‘ibaadakashshoolihiin

Ket:
H = ﺡ
H = ﻫ

Arti:

“Ya Allah, bahwasannya waktu dhuha adalah waktu dhuhaMu
dan keagungan adalah keagunganMU,
dan keindahan adalah keindahanMU,
dan kekuatan adalah kekuatanMU,
dan kekuasaan adalah kekuasaanMU,
dan perlindungan adalah perlindunganMU,
Ya Allah, jika rizkiku ada di atas langit, maka turunkanlah,
jika ada di dalam bumi, maka keluarkanlah,
jika masih sukar, maka mudahkanlah,
jika (ternyata) haram, maka sucikanlah,
jika jauh, maka dekatkanlah,
dengan berkat waktu dhuhaMU, keagunganMU, keindahanMU, kekuatanMU dan kekuasaanMU,
limpahkanlah kepadaku segala yang telah Engkau limpahkan kepada
hamba-hambaMU yang sholeh.”

lihat juga Do’a  sholat dhuha tulisan latin

.

About these ads

68 Tanggapan

  1. tnda” trjdi’a laelatul qadar ap adjach selain eanx d’sbutxn d’atz……………………………………….

  2. Dalam Kitab Irsyadul ‘ibad ada yang mengebutkan tanda-tanda alam pada waktu terjadinya laelatul qodar ialah:
    1.Malam tersebut cerah, Tidak panas, Tidak dingin, Tidak berawan, Tidak hujan, Tidak berangin dan Tidak ada bintang (meteor) jatuh.
    2. Pada pagi harinya matahari tidak bersinar dengan terik
    Wallahu A’lam
    salam ukhuwah

  3. makasih boz untuk doa dhuhane…

  4. Assalaamu ‘alaykumus wa rohmatullah.
    Afwan ya akhi, doa shalat dhuha seperti ini berasal dari Hadits yang MAJHUL (TIDAK DIKENAL / TIDAK ADA ASALNYA).

    Sekalipun do’a tersebut dicantumkan dalam kitab-kita fiqih, seperti I’anah Thalibin (I/401-402) Abu Bakar Syatha, dan lain sebagainya,namun tidak terdapat dalam kitab-kitab hadits terpercaya.

    Syaikh Salim al-Hilali pada 25 Rabiuts-Tsani 1424 H, berkata,
    “Tidak ada dalam kitab-kitab hadits”.

    Syaikh al-Muhaddits Abdul Muhsin al-‘Abbad pernah ditanya tentang do’a ini, namun beliau hanya tersenyum saja.
    Itu tandanya hadits tersebut tidak ada asalnya menurut beliau.

    —————–
    Sumber : KOREKSI HADITS-HADITS DHA’IF POPULER, Oleh Ust Abu Ubaidah Yusuf As-Sidawi

  5. makasih banyak atas doa nya………..

  6. paja saat/jam berapa sholat duha yang lebih afdol di lakukan ?tolong bls

  7. Waktu shalat dhuha dimulai dari naiknya matahari sekira-kira satu tombak setelah terbit sampai dengan menjelang waktu dhuhur.
    Untuk waktu yang paling afdhol walloohu a’lam
    Kalau saya lebih suka mengerjakannya di awal-awal waktu. (Untuk shalat wajib, shalat di awal waktu lebih utama dari pada di akhir waktu)

  8. minTa do’a seLesai shaLat wajib Lengkap boLeh….

  9. makasih banyak mroni kamu telah ngejawab pertanyaanku

  10. terimakasih atas infonya

  11. Asslamu’alaikum wr.Wb
    Alhamdulillah…. wa syukurillah….. terima kasih atas jasa anda menyediakan kupulan do’a yg disediakan secara gratis…..Insya Alloh amal ibadah anda ini akan menjadi amal yang tidak akan putus selagi orang yang mendownload e-book anda ini memanfaatknnya. amin
    wasalam

  12. Assalamualaikum, wr.wb.
    Saya ingin menanyakan sebelumnya sy jarang melakukan sholat dhuha tetapi dr artikel dan pengalaman religi beberapa teman menginspirasi sy unt mulai melakukan sholat dhuha,,, yg ingin sy tanyakan doa sholat dhuha yaitu surat asy syamsu dan adh dhuha itu yg mana, mohon dibantu unt suratnya dan ayatnya dmana sy bs menemukan..selama ini sy membaca surat yg lain ketika melakukan sholat dhuha tetapi akan lebih afdol apabila sy mengetahui dan memahami surat tersebut…
    Terima kasih.
    Wasalamualaikum wr.wb

  13. Wa’alaikumussalam Wr. Wb.

    Surat Asy Syamsu ialah Surat yang ke 91 , Ayat pertama surat ini berbunyi Wasysyamsyi Wa Dhuhaa haa
    Klik untuk melihat Alqur’an online Surat 91
    Sedang surat Adh Dhuhaa adalah Surat yang ke 93, ayat pertamanya berbunyi Wadhdhuhaa dan ayat kedua Wallayli idzaa sajaa
    Alqur’an online Surat 91

    Semoga membantu
    Wasaalaamu’alaikum Wr. Wb.

  14. Saya sepakat dengan sudara Abu Ayaz. Saya lihat banyak doa-doa yang tidak ada berasal dari Al-Quran dan Hadits

  15. @Mas Yudi & Abu Ayaz
    Kalau saya pengen punya mobil terus berdo’a: “Ya Allah berilah saya sebuah mobil yang bagus dan berkah buat kami” , kira-kira boleh enggak yaa ? atau aku harus nyari dulu do’a untuk minta mobil di Al-Quran dan Hadits ?
    kalau misalnya di Al-Quran dan Hadits nggak nemu, gimana dong?

  16. @Mas Yudi & Abu Ayaz : ente berdua bahlul muroqab…

  17. @Mas Yudi & Abu Ayaz: Allah tdk memberatkan Hamba-Nya dlm beribadah, spt hal nya berdo’a. Berdo’a tdk “hanya harus” yg di dlm al-Qur’an ato Hadits saja krn isi nya biasanya bersifat Global dan ketika kita menjadikan nya (isi doa) lbh spesifik lg, tidak masalah kok. Saya stuju dng statement Mas Malik diatas. Jd Saya rasa sah2 saja berdo’a meskipun tdk diambil dr al-Qur’an ato Hadits (mengarang sendiri) selama mendo’akan yg baik & benar menurut ajaran Islam.
    Wallaahu A’lam …

  18. jazakallahu khairon katsira….!

  19. Amien ya Allah

  20. Sedangkan waktu utama mengerjakan shalat Dhuha adalah di akhir waktu[14], yaitu keadaan yang semakin panas. Dalilnya adalah,

    Zaid bin Arqom melihat sekelompok orang melaksanakan shalat Dhuha, lantas ia mengatakan, “Mereka mungkin tidak mengetahui bahwa selain waktu yang mereka kerjakan saat ini, ada yang lebih utama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “(Waktu terbaik) shalat awwabin (nama lain untuk shalat Dhuha yaitu shalat untuk orang yang taat atau kembali untuk taat[15]) adalah ketika anak unta merasakan terik matahari.”[16]

    An Nawawi mengatakan, “Inilah waktu utama untuk melaksanakan shalat Dhuha. Begitu pula ulama Syafi’iyah mengatakan bahwa ini adalah waktu terbaik untuk shalat Dhuha. Walaupun boleh pula dilaksanakan ketika matahari terbit hingga waktu zawal.”[17]

    sumber : http://rumaysho.com/hukum-islam/shalat/2822-shalat-dhuha-yang-begitu-menajubkan.html

  21. syukron atas sharing informasinya…
    Barokallah fik
    salah ukhuwah

  22. Ah hurupnya gundul dan ga bisa di download

  23. Coba tekan Ctrl dan tombol + bersamaan untuk memperbesar tampilan (Zoom in)

    Ga usah di donlot di copy paste ke Ms. Word aja
    semoga bermanfaat

  24. klomau berdo’a jgn mnta mobil duluan

  25. wa’alaaikum slm,apakah yg anda maksud do,a setelah shalat duha.klu memang tidak ada do,a yg bnr giman menurut sunnah RASULULLAH SAW.

  26. @Mas Yudi & Abu Ayaz ente bedua bahlul.

  27. Assalamuala’ikum terimakasih do’anya sangt bermanfaat.aku mu tnya pa ustadz? Apa2 klo sholat duha harus membaca Surat assysaams n adduha?Dan jujur saja melakukn sholat duha pas tetbitnya mat a hari karna setelh sholat subuh aku langsung zikir Dan sampai menjelang fair menyingding lngsung sholat duha kemudian tidur sebntar.krna aku krj dan gk Ada istiraht lgi kecuali sholt.sukron.

  28. Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
    Shalat dhuha dilaksanakan setelah matahari naik sekira-kira satu tombak s/d waktu menjelang shalat dhuhur.
    Kalau shalat seperti yang antum jalankan mungkin lebih tepatnya disebut shalat isyroq (shalat ketika matahari terbit).
    Surat yang dibaca ketika shalat dhuha boleh surat apa saja tidak harus Assyams dan Addhuha
    Walloohu a’lam

  29. Terimakasih atas jawabanya pa ustadz jadi beda ya antara sholat isyroq n dhuha.ya udah mulai sekarang aku mu sholat duhanya setelah bgun dari tidur aja.sukron jaziran jazakuhumulah khoiran.

  30. Assalamualaikum mromi aku mu minta alquran +terjemah kmna y?krna skrg aku brda di luar ngrti dh sudah bgt mndptkn qur’an yg berterjemam sukron likum jazakuhumulah khoiran.

  31. Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
    Ini ada Alqur’an Digital yang saya donwload dari http://www.alquran-digital.com
    Silakan klik untuk mendownload nya

  32. Sukron Mromi jazakuhumullah khairan!sudah Ana download cuma gk tahu filenya ngebukanya bgaimana karna aku pakai I pad tablet.sekali lgi sukron likum.

  33. maaf , qurandigital-nya harus dibuka dengan OS windows.
    Ana belum menemukan quran+terjemah untuk versi android (ipad).
    Mungkin ada yang bisa membantu?

  34. Ana barusan coba googling,
    coba ikuti link ini

    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tof.myquranina&feature=more_from_developer#?t=W251bGwsMSwxLDEwMiwiY29tLnRvZi5teXF1cmFuaW5hIl0

    ana belum mencobanya ( karena blm punya ipad-nya :D )
    mudah-mudahan Quran terjemahannya sesuai keinginan

  35. (He he ya mromi tr di kasih pinjam ipadnya)sukron jaziran atas semua infonya udh Ana coba. Tr hasilnya d kasih Thu..jazakuhumulah khairan,kitir khoirkum,Robbanna ya bariklum insyaaa Alloh.

  36. Assalamua’laikum mromi semua sudah aku download Al qur’an + terjemahnya.sukses dn emg ini yg aku car I selama ini.bahkan aku juga mndapatkn bnyak Hal seperti:marah kiblat juga adzan pas wktu sholat sukron likum mromi…jazakuhumullah khairan.maaf klo aku cerewet bgt!

  37. Wa’alaikumussalam
    :D :D
    malahan ana suka kalau ada yang mau komen di blog ana,
    mudah-mudahan jadi penyambung silaturrohmi diantara kita semua

    Alhamdulillah, mudah-mudahan bermanfaat
    ohh yaa di tunggu pinjaman ipad-nya :D

    salam ukhuwah
    Wassalam

  38. He he okelah klo begitu akhy mromi, sekrg aku msih di luar ngri tr klo pulg insyaa Alloh tk pinjamin ipadnya. Dn itu juga di Al-qur’an klo mu unduh surah hrus Ada infaknya.insya Alloh juga klo aku blik k indo aku bru bs infaknya.sukron likum jazakuhumullah khoiran.
    Salam ukhuwah juga.

  39. maaf akh mromi, ana dapat info dri seorang ustadz, bahwa do’a sholat dhuha yang antum tulis itu diriwayatkan oleh Muslim hadits no 79 dan 719 bahkan menurut Syaikh Abdul Aziz bin Baaz sndiri hukumnya juga sunnah muakkadah..semoga bermanfaat

  40. Syukron atas infonya.
    Ana sudah coba cari di shahih muslim namun belum ketemu

    Salam ukhuwah

  41. Assalamualaikum akh mromi ..maaf mu tnya sunah muakkadah it artinya apa?klo mnurut perkiraan saya muakkad/akid artinya;pasti/benar.maaf cerewt lgi……

  42. Wa’alaikumussalam Wr. Wb.

    Sunah muakkadah adalah sunah yang sangat kuat atau sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Disebut muakkadah karena Nabi Muhammad SAW menjadikan sunah (shalat) tersebut sebagai kebiasaan setiap hari pada waktu beliau masih hidup.
    Sunah ghairu muakad adalah sunah yang kurang kuat atau kurang dianjurkan untuk dilaksanakan karena nabi SAW hanya kadang – kadang melaksanakannya dan kadang – kadang tidak (tidak dibiasakan oleh Nabi).

    Walloohu a’lam

  43. Ssukron ats semua jwabanya akh mromi….jazakuhumulah khoiran.apakah aku boleh bertanya hal2 yg lain akh maaf.

  44. Boleh saja.., kalau ana bisa jawab InsyaAllah akan ana jawab dan kalau ana tidak bisa menjawabnya InsyaAllah akan ana tanyakan lagi pada yang lebih tahu.

  45. Assalamualaikum ya akh mromi sukron seblumnya…pingiiiiiiiiin sekali menghafal Al-qur’an gmna ad tipsya biar gk mls gitu…..tr pertanyaan yg lain di fikirkn dulu……

  46. Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
    Memang mls adalah hambatan yang paling utama.
    Utk menghafal alqur’an perlu kemauan dan komitmen untuk melakukan secara terus-menerus (dawam).
    Ana juga baru hafal juz amma dan bbrp surat yg lain saja. Utk mempermudah menghafal ana install alqur’an versi hp, jadi bisa dibuka kapanpun kita perlu. Utk menjaga hafalan ana biasa membaca hafalan dlm perjlanan kl sedang jln sendiri tentu saja. (drpada ngelamun atau sekedar lihat kiri-kanan :D )
    ….
    ..
    sekedar sharing saja …
    (Bagi yang punya pengalaman dan tip-tip yang lain yang lebih jitu mohon ikut nimnrung…)

    salam ukhuwah
    Wassalam

  47. Assalamualaikum. Akhi mromi apa kbar semoga akh Dan keluarga senantiasa salam lindungan Alloh SWT.Aku mu Tanya tentang sholat istikharoh. Cara2nya aku udh Thu yg aku mu tanyakan kit a melakukan sholat istikharoh it harus berapa Kali.aku udah melakukanya 10 lebih karna aku meilih Cal on suami tapiii aku seolah belum dapt jawabn’dan aku msih merasakn keraguan,Dan aku jdi merasa sediiiih bgt.bgaimana dg Saran akh.rumah tanggaku pernah gagal jadi aku tidak mau tgl tuk yg kedua kalinya.aku mengiginkan suami yg sholeh.aku tahu aku sendiri bukan wanita yg sholehah tapiii aku pingin Ada yg membimbingku .sukron akn.jaszakuhumulah khoiran.

  48. InsyaAllah saya jawab per email saja yaa (email yang tertera di komen ukhti diatas)

  49. Semua ibadah sudah sayang lakukan….semua sholat sunah juga aku jalankan BA a al-qur’an juga aku lakukan…..puasa seneng kamis juga aku jalankan.juga berzikir hmpir dalm setiap desahan nafasku tpi knpa ?jiwa I I msih belum merasakn ketentramn.mungkin aku terlalu bnyk dosa.yarhamni ya Robby.

  50. Apa2 lagi yg harus aku lakukan?

  51. Kalau semua ibadah sudah dilakukan apalagi di barengi dengan dzikir setiap saat, maka semestinya hati akan menjadi tenteram sesuai dengan firman Allah tentang dzikir..
    Mungkin tinggal meresapi setiap ibadah dan dzikir kedalam hati….

    Perbanyak memohon ampunan (istighfar) ..lebih-lebih istighfar dari setiap anggota badan InsyaAllah akan lebih menenangkan hati..
    Walloohu a’lam..

  52. Sukron akhir mromi atas semua jawzbanya insya Alloh semuanya akn kembli normal

  53. jazakallahu khoir…. :)

  54. Assalamualaikum akhy mromi.Selamat menunaikan ibadah puasa.Ramadhan mubarok.

  55. Wa’alaikumussalam ..
    Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Mudah-mudahan kita semua diberi kesehatan dan rahmat Allah sehingga bisa memperbanyak ibadah di bulan ini dan meningkatkan derajat ketaqwaan kita. Amien ya Robbal ‘Alamien

  56. Aamiin ya Alloh ya Robbalngalamin.

  57. Assalamualaikum,akhir mromi ….Minal aidzin walfaidzin Moon maaf lahir Dan bathin. Maaf nih telat ngucapinya baru pulang dark liburan Dan di dsana gak Ada fasilitas net.

  58. Wa’alaikumussalam. Taqobbalalloohu minnaa wa minkum. Taqobbal yaa Kariim. mohon maaf juga atas segala kekhilafan dan kesalahan.

  59. Assalamualikum akhy eid mubarok….

  60. Wa’alaikumussalam warohmatullaahi wa barokaatuh..
    Gmana kabarnya.. semoga selalu dalam rahmat dan lindungan Allah.

  61. Alhmdullilh Ana baik2 aja akhy oya 2 bln lgi insya alloh Ana udh nyampai ke indo.Aamiin trimksih at as do’anya akhy jazakuhumulah khoiran.

  62. wah2…abu ayaz yg terhormat..saya orng bodoh..emang berdoa itu harus sesuai dengan haddis aja?..gimana kalau doa nya pake bahasa daerah masing2..apa allah tidak dengar?…saya ga setuju apa yg di jelaskan oleh abu ayaz..terima kasih…

  63. Mhon izin y bwt da’wah mksh

  64. Mhon izin y minta do’a shalat dhuha dri iqbal mksh

  65. Reblogged this on my foot steps and commented:
    Pergunakanlah waktu dhuha untuk sesuatu yang bermanfaat dunia akhirat..

  66. MOHON IZIN UNTUK MMENGKOPI DOA SHOLAT DHUHA

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.728 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: