Do’a Sholat Tahajjud

Apabila Rosulullah SAW  shalat tahajud di waktu malam,
beliau membaca:

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma lakal hamdu Anta nuurussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna.

Walakal hamdu Anta Qoyyimussamaawaati wal ardhi wa man fihinna.

Walakal hamdu Anta robbussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna

Walakal hamdu Anta mulkussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna

Walakal hamdu Anta mulikussamaawaati wal ardhi

Walakal hamdu, Antal haqqu wa wa’dukal haqqu, wa qoulukal haqqu, wa liqoo ukal haqqu.

Waljannatu haqqun wannaaru haqqun

Wannabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun haqqun, wassaa ‘atu haqqun.

Allahumma laka  aslamtu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wabika aamantu .

Wa ilaika aanabtu. Wabika Khooshomtu. Wa ilaika haakamtu.

Faghfirliiy maa qoddamtu wa maa akhkhortu. Wa maa asrortu wa maa a’ lantu.

Antal muqoddimu wa Antal mu akhkhiru. Laa ilaa ha illaa anta

Anta ilaahii Laa ilaaha illaa Anta

Ket:
H = ﺡ
H = ﻫ

Artinya: 

“Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji,

Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-
Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan
bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau
Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya.
Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan
bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau
benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu
dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka
adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah
benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-
Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah,
kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal,
kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali
(bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat
(kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan
ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu,
ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan
datang. Engkaulah yang mendahulukan dan
mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah
kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada
Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

Do’a Sholat Tahajjud dibawah ini diambil dari Hadits Shahih Muslim

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ. وَلَكَ الْحَمْدُ. أَنْتَ قَيَّامُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ. وَلَكَ الْحَمْدُ. أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ. وَمَنْ فِيْهِنَّ. أَنْتَ الْحَقُّ. وَوَعْدُكَ الْحَقُّ. وَقَوْلُكَ الْحَقُّ. وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ. وَالْجَنَّةُ حَقٌّ. وَالنَّارُ حَقٌّ. وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ. وَبِكَ آمَنْتُ. وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. وَإِلَيْكَ أٰنَبْتُ. وَبِكَ خَاصَمْتُ. وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِي. مَا قَدَّمْتُ وَأَخَّرْتُ. وَأَسْرَرْتُ وَأَعْلَنْتُ. أَنْتَ اِلٰهِي لاَ اِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ 

Allahumma lakal hamdu Anta nuurussamaawaati wal ardhi.

Walakal hamdu Anta Qoyyaamussamaawaati wal ardhi.

Walakal hamdu Anta robbussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna
Antal haqqu wa liqoo ukal haqqu. Waljannatu haqqun wannaaru haqqun wassaa ‘atu haqqun.
Allahumma laka  aslamtu. Wabika Aamantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika aanabtu.

Wabika Khooshomtu. Wa ilaika haakamtu.

Faghfirliiy maa qoddamtu wa akhkhortu. Wa asrortu wa a’ lantu.

Anta ilaahiiy Laa ilaaha illaa Anta

Ket:
H = ﺡ

H = ﻫ

Ya Allah, segala puji bagi-Mu. Engkau adalah cahaya langit dan bumi.

Segala puji bagi-Mu,  Engkau adalah pemelihara langit dan bumi.

Segala puji bagi-Mu, Engkau adalah Tuhan langit dan bumi serta semua yang ada padanya.

Engkau adalah yang hak, janji-Mu adalah hak, firman-Mu adalah hak,

perjumpaan dengan-Mu adalah hak, surga adalah hak, neraka adalah hak,

hari kiamat adalah hak.

Ya Allah, kepada-Mu aku berserah diri.

Kepada-Mu aku beriman.

Kepada-Mu aku bertawakal.

Ke pangkuan-Mu aku pulang. Kepada-Mu aku mengadu.

Dengan (nama) Mu aku memutuskan.

Maka ampunilah aku, ampunilah dosa-dosaku, baik yang telah lewat maupun yang akan datang, yang aku lakukan secara diam-diam maupun yang terang-terangan.

Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau.

Lihat Juga:

Hadits tentang “Do’a Pada Waktu Sholat Malam”

Do’a Sholat Tahajjud Tulisan Latin

About these ads

141 Tanggapan

  1. terimakasih sudah sering ilmu

    tp sumbernya kok tidak ditampilkan? saya jadi sulit mengecek keshahihannya..

  2. Coba cari di HR Muslim, Bab Sholat Sunnah – Tahajjud
    Insya Allah ketemu

    salam ukhuwah

  3. Saya sedikit bingung membaca tanpa tanda baca…tp it’s ok…terimakasih atas informasi2 doanya…

  4. Sebenarnya ada tanda bacanya. Hanya mungkin kurang jelas. Coba ntar tulisan arabnya ana bold.
    syukron udah mampir
    salam ukhuwah

  5. mampir. sip bagus kok.

  6. makasih baget atas bantuannya..semoga Allah selalu memberikan kita bimbingan Rachmat Taufikserta idayah NYA kepada kita semua

  7. Ass. makasih udah share doa tahajud. sebelum saya buka blog ini, saya dapat doa tahajud di blog lain tapi ada kalimat yang beda “nurrussamawati” jadi “qoyyimussamawati”.
    yang betul yang mana ya?wss.

  8. Wa’alaikumussalam
    Kedua Kalimat (nurussamawati dan qoyyimussamawati) termasuk dalam do’a tahajud seperti yang tertulis diatas.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
    salam ukhuwah :D

  9. Ass, ada tulisan latinnya gak ya untuk kedua bacaan di atas?
    terima kasih
    Wss. wr. wb.

  10. Ada yang bisa bantu “ngelatinin” ?
    maaf sekali saya kurang bisa menulis bahasa arab dengan tulisan latin…

  11. ada yang bisa kasih latin nya gak???makasih

  12. bermanfaat sekali…..

  13. aQ ikLas apa yg Kau beri

  14. Allahuma lakal hamdu anta nuurus samawati wal ardi
    Walakal hamdu
    Anta koyyumussamawati wal ardi
    Walakal hamdu
    Anta robbassamawati wal ardi
    Waman piihinna
    Antal haqqo
    wawa’dukal haqqo
    Waqoulakal haqqo
    Waliqouka haqqo
    Waalaika tawakaltu
    Wannaru haqqo
    waljannatu haqqo
    Wassaatu haqqo
    Allahuma laka aslamtu
    Wabika amtu
    waalaika anabtu
    Wabika hosomtu
    Waalaika hakamtu
    Fagfirli
    Maa koddamtu waahortu
    Waasrortu waaglaltu
    Anta ilaihi laailahaila anta

  15. di mohon agar tulisan arabnya mad dan qosornya di perhatikan karena akan merubah pada makna, syukron

  16. Terimakasih atas koreksinya mas abdurohman, memang ada sedikit kendala tentang penulisan mad terutama yang berupa fathah tegak. Kami belum menemukan cara yang sesuai. Untuk sementara fathah tegak ga akan kami tulis harokatnya. Mohon maklum adanya.

  17. ma kasih ea doa nya

  18. terima kasih atas share-nya
    saya mengambil manfaat dari entri antum ini :)

  19. Terima kasih.Untuk doa’a.Ini sangat brmanfaat.

  20. Alloh akan memberikan petunjuk pada kita.
    Insyaaloh.

  21. maaf saya minta yah… semoga bermanfaat

  22. bagus ni..

  23. Ass sya msiH KRAng paham,, dgan terjemaahan y, bsa dgan hurup arab tpi bkan arab gundul, trmaksiH

  24. Waalaikumussalam
    Maaf mas Eman kalau tulisannya kurang jelas.
    Sebenarnya tulisan arabnya sudah berharokat (tidak gundul). Sekali lagi maaf, saya sudah mencoba membuat tulisan arab yang sejelas-jelasnya tetapi hasilnya masih kurang maksimal.
    Kalau berkenan , silakan baca tulisan latinnya
    terima kasih atas kunjungannya

    Salam ukhuwah
    Wassalam

  25. copas yah…..thanx………

    GBU……..

  26. terimakasih..ini adalah pelajaran yg berharga buat saya

  27. terima kasih atas pemberitahuan do’anya. mudah2an d balas alloh sbg amalan maqbula

  28. Alhamdulillah…bermanfaat

  29. Amien Ya Robbal’alamien

  30. Alhamdulillah ,, tadinya yang saya hanya sedang online & chat dengan teman tengah malam ,, saya langsung tergerak ketika melihat situs ini dan di tambah dengan mendengar lantunan lagu dari maher zain (barakallah)
    hhm ,, thanks ((:

  31. makasih atas do’any,,,

  32. Smga manfaat…salam ukhuwah :)

  33. termakasih atas share-nya . wassalamualaikum

  34. ass. Terma kasih banyak. Semoga jadi ilmu yang bermanfaat

  35. Amien ya Robbal ‘aalamien

  36. hatur nuhun

  37. Assalamualaikum wr wb,- ….. Alhamdulillah…….terima kasih mas mromi….., sy sempat membaca doa dari web anda……, mudah2an kita semua d berikan kemudahan dan keikhlasan dalam menjalankan sholat tahajjud ini untuk menghidupkan sunnah rosulullah SAW….
    Wassalamu,alaikum wrwrb,-

  38. Wa’alaikumussalam Wr. Wb.

    Amien ya Robbal ‘Aalamien , mudah-mudahan sholat tahajud menjadi amalan rutin kita semua… Amien

  39. mari kita tingkatkn kualitas iman taqwa kita hanya kepada alloh (SWT) dengan menunaikan ibadah puasa dan berlomba2 dalam melaksanakan kebaikan ..,.

  40. semoga kita tergolong menjadi orang-orang yang bertaqwa….Amiiin.

  41. terimakasih.doa ini sangat bermanfaat untuk saya

  42. ana mau tanya ustad..doa diatas dibaca ktika sholat atau setelah salam?

  43. Sebenarnya sih boleh memilih diantara keduanya, boleh pada waktu sholat tepatnya ketika sujud atau setelah salam.

    Walloohu a’lam
    salam ukhuwah

  44. assalamu’alaikum…
    mau tanya pa Ustadz, dalam melaksanakan sholat tahajud,kalau seandainya belum hafal do’a diatas, apa bisa pake do’a yang lain yang sebisa kita,..????
    Wassalam
    terimakasih

  45. Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
    Boleh saja berdoa dengan doa apa saja.. do’a adalah permohonan kita kepada Allah jadi boleh berdoa apa saja dan dengan bahasa apa saja.

    Wallahu A’lam
    Wassalam
    Salam ukhuwah

  46. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Alhamdulillah, sy baru mau mulai melaksanakan shalat tahajud. Untuk doanya sy selalu buka situs ini, dan mudah2 sy cepat menghapalnya……aamiin.
    Terimakasih banyak mas…sangat membantu sekali.

  47. terimakasiii

  48. Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
    Alhamdulillah kalau ada manfaatnya..
    Mudah-mudahan kita semua bisa melaksanakan shalat tahajud secara rutin… AMien
    Salam ukhuwah

  49. smoga do’a ni bsa menjadi penyemangadz saya untuk bsa menambah amalan ibadah sata pada waktu malam,,,,,

  50. Tanx for situs ni please prbnyk doa lainnya tuk mmbntu manusia mnju sur9a

  51. InsyaAllah.., terimakasih atas atensinya.., semoga bermanfaat

  52. Subhanallah sekali..bermanfaat sekali.. :)

  53. dgn tampilan doa ini shalat tahajjud ini semakin mudah saya menghafal doa-doanya krn ditempel di dpn dinding

  54. Mudah-mudahan bisa istiqomah dalam ber-tahajud… Amien

  55. semoga bermanfaat dan terus bertahajud,Amin

  56. Sengaja Saya Sholat Thajud
    Saya Minta Kesabaran Krn Allah Lillahitaalla

  57. Amien , semoga Allah mengabulkan do’a akhi

  58. TERIMAKASIH YA………….

  59. Semoga bermanfaat

  60. mohon ijin untuk mengcopynya, semoga menjadi amalan yang barokah…Jazakumullah khairan katsiran

  61. asalammualaikum kef halik saya ucapkan terima kasih banyak untuk doa sholat tahajudnya

  62. Makasiiih ya buwat doa shalat tahajudnya…..

  63. Ga ada jabaran mas bro

  64. Jabaran yang gimana mas bro?

    Salam ukhuwah

  65. Sudah..mksh..

  66. Jazakallahu khairan katshiron..sangat bermanfaat

  67. Syukron atas ilmunya…
    InsyaALLAH berkah yah mas Romi
    Aamiin yaa Rabbal ‘Aalamiin…

  68. Amien ya Allah

  69. Terima kasih telah berbagi Doa nya semoga menjadi ladang amal bagi kita semua…Amiin

  70. Terima kasih atas semua pembelajarannya.

  71. salam .. copy doa ye..

  72. Alhmdulillah, terima kasih atas doa-doa yg telah sya dounload, moga manfaat dn barokah, amin.

  73. Amien ya Allah ya Robbal’alamien

  74. Afwan ko doa yg ini sedikit berbeda dgn yg ada dibuku yg saya punya, tetapi dr arti isi hampir sama cuma penempatannya yg berbeda
    mana yg benar ini? Bingung jadinya -_-

  75. Do’a yang ana tulis diatas juga ada dua macam
    1. Do’a dari buku kumpulan do’a
    2. Do’a dari hadits shahih muslim
    kalau ana lebih suka membaca do’a yang dari hadits shahih muslim.
    Semuanya benar , terserah pilih mana yang antum sukai

    Walloohu a’lam

  76. Ass. mas mromi
    insyaAllah berkah ilmunya… amin….
    saran ane tulisan arabnya format picture biar jelas dan lagi bisa di zooming coz klo nulis langsung ke situ jd gak jelas mas…

  77. Wa’alaikumusalam mas Joko,
    Amien dan terimakasih atas do’anya

    Terimakasih atas saran-nya mas, memang untuk tulisan arab yang pendek kayaknya lebih bagus kalau pakai format picture.
    InsyaAllah akan saya coba dulu mas

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  78. Terimakasih banyak mas, saya selalu lihat situs ini tiap sholat malam. Karena saya masih kadang2 melaksanakannya, sehingga sulit hafal doa,
    tapi utk memilih doa yg dari hadist langsung ga apa2 ya?
    .:)Syukronkasiron

  79. ada tak dalam bentuk mp3??

  80. Kami mohon maaf,
    untuk sementera ini tak ada..

    salam ukhuwah

  81. Makasih atas tulsanya.

  82. kita sebagai umat manusia yang beragama muslim sunat untuk melakukan tahajud

  83. Di beberapa buku, ada Ўª♌g menulis, di awal2 doa, “anta qoyyimus samaawati, qoyyuumus samawaati. Terus, ada juga di majmu’ syarif tertulis “laka malikus samawati…. Mhn petunjuknya, mana yang paling tepat…

  84. “anta qoyyimussamaawati , anta qoyyuumussamaawati, anta qoyyaamussamawaati” semuanya benar dan maknanya hampir serupa. :D

    kalau
    laka malikussamawaati artinya bagimu raja langit — sedikit janggal
    laka mulkussamawaati artinya bagimu kerajaan langit

    Walloohu a’lam bisshowab

  85. assalamu’alaikum…semoga berkah,,aamiin

  86. terima kasih semoga ini bermanfaat bagi kita semua

  87. sYa Gg bza .
    sYa pNgen bza .

  88. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين.
    ‎​​ terima kasih,,sangat bermanfaat sekali…mudah”an jadi hidayah buat kita,,khususnya saya..

  89. assalamu alaikum terima kasih atas doa nya semoga bermanfaat…….dunia dan akhirat>>>>>salam kenal…

  90. terima kasih atas doanya, semoga bermanfaat dunia dan akhirat…..aamiin…

  91. Amien, semoga bermanfaat buat semuanya

  92. Terimakasih untuk doanxa terus kreatif,

  93. Terimakasih buat yg mencantumkan do’a sholat Tahajud,moga aku bisa menjalankannya dg Khusu..amin

  94. syukron kulluha :D

  95. hanya ucapan trmah kasih yg bsa sy smpaikan…..!
    semoga allah swt ..mblas kbaikan anda……

  96. Subhanallah terimakasih ats kebaikannya , mau berbagi ilmu… Sungguh bermanfaat.
    Tapi aku mau bertanya brother, untuk hajat pribadi dalam bahasa indonesia boleh kita tambahkan stelah doanya ?? Terimakasih utk jawabnya :)

  97. Boleh-boleh saja :D
    terimakasih sudah berkunjung
    semoga bermanfaat

  98. syukron ats ilmunya,…

  99. Terimakasih banyak semoga dgn ilmu ini saya bisa menjadi pribadi yg lebih baik

  100. alhamdulilah

  101. mampir,,salam ramadlan,,,
    assalamu’alaikum,,,,,
    ana ijin mengcopy ya,,,,

    semoga menjadi amal sholeh yang diterima disis_Nya,,
    amien,,,
    wassalam wr.wb

  102. Alhamdulillah dengan adanya situs sholat tahajud&doa2 nya,wawasan sy menjadi bertambah sy bersyukur sekali

  103. Doa tahajud ini di baca saat berdiri/duduk..atau stlh sholat ? Tq

  104. Doa tahajud ini Đi baca saat berdiri/duduk ? Atau stlh sholat ? Tq

  105. Bisa di baca ketika sujud / sujud terakhir atau setelah shalat

  106. thanks banget ya..ini sagat membantu..??
    tapi kalo boleh nanya,, ini itu harus dihafalkan atau boleh dibaca saat sholat’a..??

  107. Dihafalkan dan mengerti artinya lebih bagus. Dibacapun bagus juga nanti lama kelamaan juga akan hafal dengan sendirinya. Yang penting resapi juga artinya sehingga akan shalat tahajud kita menjadi lebih bermakna.
    Salam ukhuwah … semoga bermanfaat

  108. Tanks atas pencerahanya boss…

  109. صحيح البخاري – حسب ترقيم فتح الباري (كتب اقامة الصلاة
    7499- حَدَّثَنَا مَحْمُودٌ ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ ، أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ ، أَخْبَرَنِي سُلَيْمَانُ الأَحْوَلُ أَنَّ طَاوُوسًا أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عَبَّاسٍ يَقُولُ كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِذَا تَهَجَّدَ مِنَ اللَّيْلِ قَالَ

    اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ ، وَمَنْ فِيهِنَّ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ إِلَهِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ.

    سنن ابن ماجه – كتاب غقامة الصلاة
    1355- حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ ، عَنْ سُلَيْمَانَ الأَحْوَلِ ، عَنْ طَاوُوسٍ ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَليْهِ وسَلَّمَ إِذَا تَهَجَّدَ مِنَ اللَّيْلِ , قَالَ :

    اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ ، أَنْتَ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ ، وَلَكَ الْحَمْدُ ، أَنْتَ قَيَّامُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ ، وَلَكَ الْحَمْدُ ، أَنْتَ مَالِكُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ ، وَلَكَ الْحَمْدُ ، أَنْتَ الْحَقُّ ، وَوَعْدُكَ حَقٌّ ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ ، وَالنَّارُ حَقٌّ ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ ، اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ ، وَبِكَ آمَنْتُ ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ ، وَبِكَ خَاصَمْتُ ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِكَ.

  110. صحيح البخاري – حسب ترقيم فتح الباري (كتب اقامة الصلاة
    7499- حَدَّثَنَا مَحْمُودٌ ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ ، أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ ، أَخْبَرَنِي سُلَيْمَانُ الأَحْوَلُ أَنَّ طَاوُوسًا أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عَبَّاسٍ يَقُولُ كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِذَا تَهَجَّدَ مِنَ اللَّيْلِ قَالَ

    اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ ، وَمَنْ فِيهِنَّ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ إِلَهِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ.

    سنن ابن ماجه – كتاب غقامة الصلاة
    1355- حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ ، عَنْ سُلَيْمَانَ الأَحْوَلِ ، عَنْ طَاوُوسٍ ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَليْهِ وسَلَّمَ إِذَا تَهَجَّدَ مِنَ اللَّيْلِ , قَالَ :

    اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ ، أَنْتَ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ ، وَلَكَ الْحَمْدُ ، أَنْتَ قَيَّامُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ ، وَلَكَ الْحَمْدُ ، أَنْتَ مَالِكُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ ، وَلَكَ الْحَمْدُ ، أَنْتَ الْحَقُّ ، وَوَعْدُكَ حَقٌّ ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ ، وَالنَّارُ حَقٌّ ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ ، اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ ، وَبِكَ آمَنْتُ ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ ، وَبِكَ خَاصَمْتُ ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِكَ.

    ini saya ambil dari Al-Maktabah As-Shamela dan masih banyak riwayat tentang do’a shalat Tahajjud

  111. @gml
    syukron atas sharing do’a-nya ,
    Agar tulisan do’anya lebih jelas, tulisannya ana gedein dikit
    semoga bermanfaat

  112. Syukron

  113. terimakasih smoga mendapat balasan yg sebanyak banyakya

  114. Asslamualaikum wr wb
    Isi webnya sangat bagus dan sangat membantu saya dalam pencarian jati diri untuk lebih dkt dgn ALLAh SWT.
    Ada yg ingin sy tanyakan antara sholat tahajjud dgn Sholat Taubat..
    Apakah dlm 1 malam boleh mengerjakan kedua sholat trsbt? krn sy ingin sekali bertaubat dan lebih dekat dgn ALLAH SWT, krn jujur sy telah berjalan jauh dr ajaran Rosululloh Muhammad SAW..
    Terimakasih sebelumnya,mohon maaf bl ada salah kata..
    Wassalamualaikum wr wb

  115. Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
    Boleh saja dalam satu malam menjalankan beberapa macam shalat sunnah sekaligus. Apalagi kalau bisa konsisten menjalankannya dan sebaiknya shalat malam diakhiri (ditutup) dengan shalat witir.

    Walloohu a’lam

  116. Alhamdulilah …..ahirnya sy dpt do’a ini ,jazakumulloh

  117. bagus artikelnya Mas pak!

  118. hatur nuhun terima kasih atas info do,a setelah solat tahajud mudah mudahan yang memberikan diberikan ganjaran oleh allah subhanahuwataala amin

  119. الحديث المشار إليه في السؤال أخرجه البخاري (1120) ، ومسلم ( 769 ) من حديث ابْنَ عَبَّاسٍ -رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- إِذَا قَامَ مِنْ اللَّيْلِ يَتَهَجَّدُ قَالَ: ” اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ، لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ، وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْت،ُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَوْ لَا إِلَهَ غَيْرُكَ”.

  120. alhamdulilah mkash ya kak atas doanya amien.

  121. assalamu’alaikum wr.wb,,
    makasih ya kak, doa a sangat membantu, jdi saya tidak perlu ketik lagi, tinggal saya print terus di tempel di kamar, biar tiap saat di baca.
    wassalamu’alaikum wr.wb…. :-)

  122. tq…. dapat amalan doa paska tahajud yg bermanfaat untuk sy…

  123. terima kasih ya saya minta izin copy doa tahajud beserta artinya jika tdk diperkenankan silahkan kirim ke email arda_arif89@yahoo.co.id sekali lg sy ucapkan terima kasih..

  124. Memang benar adanya

  125. amin isya alloh saya akan menghapal dan mengamalkannya

  126. APA KATA BOB SADINO TTG THE EKARYA BARBERSHOP & REFLEXI…..PELUANG MENDAPATKAN UANG JUTAAN RUPIAH….5-10JT
    Bagi Anda yang menginginkan dapat UANG JUTAAN RUPIAH…Kami memberikan kesempatan kepada Anda semua…cara yang sangat mudah…untuk mendapatkan UANG

    Mau tahu caranya silahkan email ke fandi_kuyahoo.com/081219457295/pin bb 32ee816e/ http://bisnisukm.com/@the-ekarya-barbershop-amp-reflexi

  127. Bagus,jga tuh?

  128. Bgus ugha tuh,tlis ah

  129. Ok, Tq atas ilmunya ya ?

  130. Syukron :)

  131. Pnjang amat ya, tpi mudah di inget. Mskipun org laen blng klo postingan.a ada kekurangan inilah itulah tpi bgi q mantep dah. . Ini nma.a sharing. Makasih :)

  132. Ass terimakasih atas info doa2 tahajjud ϞƔª ‎​اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ. Bermanfaat آمِيّنْ يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

  133. Trimakasih yaah……. Atas do’a tahajudnya semoga bermanfaat buat semuanya:):….

  134. Amien. ya Robbal’alamien

  135. Amien. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

  136. makasih doanya semoga bermamfaat bagi saya

  137. Amien. Ya Robbal ‘alamien

  138. mohon maaf tanya pak ustadz : ini do’a iftiftah tahajud apa stlah tahajud ? ana prnah baca ini do’a iftiftah dan yang satunya ba’da sholat tahajud. mana yg bnar ya. sukron atas jawabannya. hadi

  139. Setahu saya, doa iftitah shalat tahajud dan shalat yang lainnya adalah sama.
    Kalau saya lebih suka membaca do’a ini ketika selesai shalat tahajud atau ketika sujud terakhir tahajud.
    Wallohu a’lam

  140. makasih….. semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.630 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: